Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 00:38 WIB

Koin KPK Simbol Dukungan Rakyat pada KPK

Oleh : Sumitro | Minggu, 1 Juli 2012 | 03:13 WIB
Koin KPK Simbol Dukungan Rakyat pada KPK
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Penggalangan dana gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan bentuk dukungan masyarakat terhadap upaya penegakan hukum di Indonesia.
Hal yang dinilai Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sebagai sesuatu yang bagus dan membanggakan. "Itu pergerakan yang bagus. Satu sisi membanggakan, bahwa ada kehendak masyarakat untuk berpartisipasi untuk proses peradilan yang jujur, jelas dan tegas," ucap Wiranto disela-sela pembukaan Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura, Jalan Tanjung Karang 7 Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2012).

"Ini kan simbolik. Mau hasilnya berapa, sedikit atau banyak itu merupakan satu simbol bahwa rakyat diajak dan mau lakukan langkah-langkah itu (penggalangan dana). Saya bangga rakyat masih punya semangat menghabisi koruptor," tambahnya.

Wiranto mengaku sedih dengan terhambatnya usulan gedung baru KPK. Karena gedung baru yang diusulkan untuk melengkapi hakim, pengambil keputusan yang adil dan penanganan proses hukum korupsi, justru terhambat oleh pihak-pihak yang mempunyai otoritas.

"Itu terhambat oleh pihak-pihak yang punya otoritas. Ini tidak boleh. Harusnya itu prioritas dengan catatan, dengan fasilitas yang lengkap, gedung bagus, kinerjanya juga diharapkan meningkat sesuai harapan masyarakat," tandas dia.

Ditambahkannya, KPK semestinya tidak lagi diintervensi oleh pihak lain sehingga penegak hukum mempunyai otoritas untuk menyelesaikan masalah hukum yang tengah ditanganinya.

Karena jika diintervensi oleh pihak-pihak tertentu KPK akan menjadi ragu dan bimbang, sehingga penuntasan kasus-kasus besar korupsi di negeri ini menjadi terhambat.[jat]

Komentar

x