Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 15:29 WIB

Taliabo Layak Dimekarkan

Oleh : Rusman Madjulekka | Senin, 18 Juni 2012 | 00:19 WIB
Taliabo Layak Dimekarkan
Anggota Komisi II DPR-RI Nurul Arifin - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi II DPR-RI Nurul Arifin, menyatakan kabupaten Taliabo layak untuk dimekarkan dari kabupaten induknya, kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

"Kalau berdasarkan kondisi fisik kewilayahan maka kami menilai Taliabo sudah sangat layak untuk dimekarkan supaya pelayanan masyarakat bisa lebih terjangkau dan efektif," ujar ketua rombongan komisi II DPR-RI Nurul Arifin, saat berada di Bobong, calon ibukota kabupaten Taliabo, Sabtu (16/6/2012), sebagaimana rilis yang diterima INILAH.COM.

Sejumlah anggota Komisi II DPR-RI ke Taliabo untuk meninjau kesiapan pembentukan kabupaten Taliabo yang akan dimekarkan dari induknya kabupaten kepulauan Sula.

Rombongan Komisi II lainnya, Boki Ratu Nita Budi Susanti, Rusli Ridwan, Agus Purnomo, diterima Bupati Kepulauan Sula, H. Ahmad Hidayat Mus, Ketua DPRD Sula, H.Zainal Mus, yang dalam kunjungan mereka disambut seluruh lapisan masyarakat kepulauan Taliabo.

Nurul mengatakan, dengan layaknya Taliabo dimekarkan menjadi daerah otonom baru di Indonesia, maka komisi II DPR-RI ke tempat itu akan melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa Taliabo sudah sangat layak untuk dimekarkan.

Selain itu, Nurul juga menitip, bahwa dua syarat yang harus dilengkapi Taliabo yakni menyangkut syarat administrasi kewilayahan dan persyaratan tiga dimensi, meliputi kondisi demografis, geografis dan sistem pemerintahan yang ada di daerah yang akan dimekarkan tersebut.[jat]

Komentar

x