Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 17:21 WIB

Tangani Denny, Komnas HAM Tak Fokus

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 9 April 2012 | 02:45 WIB
Tangani Denny, Komnas HAM Tak Fokus
Denny Indrayana - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Dugaan penamparan yang dilakukan oleh Denny Indrayana terhadap sipir Lapas Pekanbaru Riau, Kamis (5/4/2012), terus menjadi kontroversi.

Bahkan atas peristiwa itu, Komnas HAM telah melakukan rekonstruksi dan berencana akan memanggil Denny Indrayana untuk dimintai keterangan. Upaya hukum Komnas HAM, menuai pertanyaan dan dianggap berlebihan dan indikasi yang menguatkan bahwa institusi ini kehilangan fokus.

"Untuk apa Komnas HAM mengurusi pemukulan sipir oleh Denny. Itu urusan kecil dan bukan kategori pelanggaran HAM serius. Masih banyak pelanggaran HAM yang lebih perlu diurus. Komnas HAM kehilangan orientasi, sudah seperti tukang jahit, semua kain mau dijahit," kata Hendardi, Ketua SETARA Institute dalam rilisnya, kemarin.

Menurutnya, Denny Indrayana memang perlu "dijewer" dan tindakannya tidak bisa dibenarkan. Apalagi reputasi Denny yang sejak menjadi Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum (PMH) banyak menimbulkan kontroversi dan seolah seluruh tindakannya benar. Tapi, lanjutnya, perkara itu bukan urusan Komnas HAM.

Dijelaskannya, disisa masa baktinya Komnas HAM, sebaiknya berkonsentrasi mengurus pertanggungjawaban kinerja. Apa yang akan dilakukan Komnas HAM atas kasus Denny, hanyalah bentuk mencari sensasi di ujung masa bakti.

Sensasi ini akan menutup kinerja buruk Komnas HAM dalam menangani berbagai kasus HAM. Seperti biasa, kinerja Komnas HAM selalu berbuntut antiklimaks dan tanpa penyelesaian memadai, seperti dalam penanganan kasus Ahmadiyah ataupun kasus Papua.[dit]

Komentar

x