Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 09:08 WIB

Umumkan Nasib PKS, SBY Jebak Ical

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 8 April 2012 | 21:15 WIB
Umumkan Nasib PKS, SBY Jebak Ical
Aburizal Bakrie - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Penugasan yang diberikan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie untuk mengumumkan nasib Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam koalisi merupakan bentuk jebakan SBY kepada Ical, khususnya Golkar.

Hal tersebut diungkapkan Arya Fernandes, analis Politik dari Charta Politica pada INILAH.COM, Minggu (8/4/2012). "Saya kira ini 'jebakan' politik bagi Ical dan Golkar. Karena bila tidak hati-hati, Golkar akan mendapatkan reaksi negatif dari publik, seolah-olah yang berhasrat mendepak PKS adalah Golkar," ungkap Arya Fernandes.

Ditegaskan Arya, dengan ditunjuknya Ical untuk mengumumkan nasib PKS di Setgab, membuktikan bahwa SBY benar-benar ragu mengambil sikap soal PKS. Untuk itu SBY tak mau menanggung sendiri risiko tersebut. "Penunjukkan Ical menunjukkan kekhawatiran SBY terhadap efek dari mengeluarkan PKS dari koalisi. SBY khawatir akan mendapatkan sentimen negatif dari pemilih-pemilih PKS," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Sekretariat Gabungan partai koalisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menugaskan Wakil Ketua Setgab Aburizal Bakrie, untuk mengumumkan nasib Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di koalisi. Max Sopacua yang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, menyebutkan, penugasan Aburizal dikarenakan kesibukan SBY sebagai Presiden RI.[dit]

Komentar

x