Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 13:22 WIB

Danau Tamblingan & Danau Buyan Meluap

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Sabtu, 7 April 2012 | 21:02 WIB
Danau Tamblingan & Danau Buyan Meluap
balebengong.net
facebook twitter

INILAH.COM, Denpasar - Ratusan Warga di sekitar Danau Tamblingan dan Danau Buyan, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Bali, mengungsi akibat air danau meluap hingga ketinggian tiga meter.

Tingginya luapan air danau juga membuat jalan desa Pancasari terendam. "Sejak kemarin, air di kedua danau yang menjadi andalan obyek pariwisata Buleleng itu, terus naik hingga 3 meter lebih. Warga sekitar akhirnya diungsikan ke tempat yang lebih aman", ungkap Kepala UPTD Pusdalops Penanggulangan Bencana Provinsi Bali I Gde Jaya Serataberana, Sabtu (7/4/2012).

Ratusan warga yang diungsikan ini merupakan warga yang rumahnya di dekat danau dan dikhawatirkan air air danau semakin naik ke daratan. Kini untuk sementara ratusan warga ini tinggal di tenda-tenda pengungsian yang telah di siapkan petugas.

Upaya evakuasi ratusan warga ini melibatkan petugas gabungan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Pusadlops serta PMI, kata Serataberana.

Selain tenda pengungsian, berbagai bantuan seperti makanan dan air mineral telah diberikan untuk memenuhi kebutuhan warga selama mengungsi. Sejauh ini belum ada laporan adanya korban maupun kerusakan rumah atau fasilitas lainnya.

"Wisatawan yang hendak mengunjungi dua obyek wisata danau andalan Pulau Bali ini, agar hati-hati, sementara warga sekitar dimbau untuk beberapa hari ke depan agar berada di pengungsian hingga kondisi air danau benar-benar surut dan kembali normal seperti biasanya." [mah]

Komentar

x