Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:42 WIB

Moratorium Penebangan Hutan Tekan Eksploitasi

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 1 Maret 2012 | 00:03 WIB
Moratorium Penebangan Hutan Tekan Eksploitasi
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Kehutanan telah membuat peraturan tentang penggunaan lahan dan pemanfaatan kayu di hutan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan Indonesia.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya sejak bulan November 2009 telah mengeluarkan moratorium tentang pemanfaatan lahan hutan.

"Kami kementerian Kehutanan mulai 2009 bulan 11 mengeluarkan moratorium penebangan pohon, agar kita terus menata dengan baik hutan kita," ujar Zulkifli Hasan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang pemanfaatan lahan hutan untuk pertambangan dengan Komisi VII di Gedung DPR, Senayan, Rabu (29/2/2012).

Menurutnya, saat ini Kementerian Kehutanan telah menghentikan segala bentuk eksploitasi terhadap hutan yang ada dengan izin yang diberikan. Jika ada perusahaan yang diberikan izin penggunaan lahan, maka perusahaan itu yang bertanggungjawab juga terhadap kelestarian pohon di hutan itu. "Hutan lindung tidak boleh diekploitasi kecuali tambang bawah tanah," tegasnya.

Selain itu, dengan diterapkan sistem seperti itu, lanjut Zulkifli, eksploitasi hutan di Indonesia juga bisa ditekan. "Sekarang hutan kita ekspoitasi sekitar 30-40 persen," jelasnya.

Pentingnya keberadaan tambang dan hutan dirasakan oleh masyarakat sekitar, sehingga saat ini masyarakat sudah sadar jika lahan hutan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Dengan kesadaran itu menimbulkan banyaknya tuntutan masyarakat yang menginginkan hak yang sama dalam pemanfaatan lahan hutan. Namun hal ini sering terjadi konflik karena pendekatannya selalu dengan dendekatan keamanan. "Pendekatannya sekarang tidak tepat kalau keamanan, tapi pendekatan kesejahteraan itu lebih tepat," tandasnya. [mar]

Komentar

x