Jumat, 28 November 2014 | 19:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tipe Letusan Merapi Berubah
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh:
nasional - Sabtu, 13 November 2010 | 10:55 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Yogyakarta - Pakar vulkanologi dari Universitas Kyoto, Jepang Masato Iguchi menilai tipe letusan Gunung Merapi kini berubah, dibandingkan dengan letusan 2006 yang ditandai adanya pembentukan kubah lava.

"Saya hingga kini belum mengetahui penyebab mengapa tipe letusan Gunung Merapi berubah, namun ini biasa terjadi," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (12/11/2010).

Ia membandingkan letusan Merapi mirip dengan gunung Miyake di Jepang. Gunung ini memiliki tipe erupsi yang sama yakni setiap 20 tahun sekali, ditandai keluarnya alira lava. Pada 2000, Miyake meletus dan menciptakan kaldera bediameter satu kilometer serta letusan besar dengan kolom asap setinggi 10 km.

Perubahan tersebut disebabkan pergerakan magma dalam volume besar. "Tetapi belum bisa dipastikan apakan ini juga terjadi pada Gunung Merapi," jelas Iguci.

Untuk memantau aktivitas Merapi, para ahli kini memasang microfon infrasonic yang bisa mengetahui jika terjadi letusan. Selaam ini letusan seringkali tidakdiketahui karena gunung itu tertutup kabut.

"Pengamat selama ini sering tidak mendengar letusan Gunung Merapi, meskipun sebenarnya gunung meletus sehingga dengan adanya mikrofon infrasonik maka akan diperoleh data lebih baik tentang letusan Merapi," kata Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, mikrofon infrasonik tersebut akan mampu menangkap gelombang udara yang diakibatkan letusan Gunung Merapi dan pengamat tidak hanya mendasarkan pengamatan pada seismograf atau pengamatan visual. "Kami kemudian akan menganalisa data yang masuk sehingga memperoleh statistik yang baik tentang jumlah letusan Merapi," katanya.

Ia mengatakan alat serupa telah dipasang di sejumlah gunung api lain di Indonesia seperti Gunung Krakatau dan Gunung Semeru. [ant/TJ]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER