Kamis, 24 Juli 2014 | 15:24 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kisah Putri Cina Jadi Istri Sunan Gunung Jati
Headline
gramedia.com
Oleh:
nasional - Jumat, 8 Oktober 2010 | 02:18 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Siapakah Putri Ong Tien? Dialah Putri Kaisar Hong Gie dari masa Dinasti Ming yang rela menempuh perjalanan panjang melintasi Laut China Selatan dan Laut Jawa demi menjadi istri Sunan Gunung Jati.

Ulama besar yang pernah mengunjungi Negeri Tiongkok untuk menyebarkan ajaran Islam lewat tata cara ibadah shalat ini telah membuat sang putri kaisar jatuh cinta. Legenda bokor kuningan di perut sang putri yang menghilang berkat kesaktian sang ulama mampu membuka hati Putri Ong Tien untuk mengikuti ajaran Islam.

Untaian fakta dan fiksi dalam buku ini mengangkat dengan sangat indah suka duka sang putri sebagai putri kaisar, saat-saat perjumpaannya dengan Sunan Gunung Jati, serta perjuangannya meleburkan diri dengan kebudayaan di Cirebon.

Putri Ong Tien memang hanya salah satu putri Tiongkok yang pernah bermukim dan menikah di Tanah Jawa. Namun, yang membedakan dari putri-putri China lainnya, dia menorehkan sejarah sebagai perempuan asing yang berhasil masuk ke lingkaran keluarga Kesultanan Cirebon dan ikut dimakamkan di Kompleks Pemakaman Keramat Sunan Gunung Jati. Banyak barang kerajinan China peninggalannya yang menjadi warisan budaya bernilai tinggi.

Buku ini menarik untuk dibaca karena menyajikan faksi dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Bacaan yang mampu mengajak siapa saja lebih memahami sekaligus menghargai warisan sejarah dan budaya bangsa.

Judul Buku: Putri Ong Tien Kisah Perjalanan Putri China Menjadi Istri Ulama Besar Tanah Jawa
ISBN: 9789792262131
Penulis: Winny Gunarti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: September 2010
Tebal: 216 halaman [mor]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
6 Komentar
Nyi Mas Arum
Senin, 20 Februari 2012 | 22:19 WIB
Sungguh besar kekuatan cinta karuhun saya ini sampai - sampai semua halangan terlampaui, sayapun menemukan jodoh dari sebrang lautan yang jauh.Hidup cinta, salam
Rahman
Minggu, 8 Januari 2012 | 12:21 WIB
Subhanalloh... ternyata kekuatan cinta yang di dasari cinta kepada alloh sejauh apapun kita berada atas izin alloh pasti akan bertemu juga.. allohuakbar....
imel
Senin, 28 November 2011 | 22:17 WIB
oleh siapa legenda bokor kuningan disimpan di perut putri ong tien???? bls ya segera! saya butuh untuk sejarah.
FHERI GINANJAR
Rabu, 7 September 2011 | 23:07 WIB
kapan gw dpt istri orang china yg asli ya ???????
een haryani
Minggu, 21 Agustus 2011 | 18:23 WIB
cukup menarik untuk disimak..apalagi kalau ceritanya lengkap..
Rini
Kamis, 18 November 2010 | 13:15 WIB
cerita wajib di dengar dan sangat unik
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER