Selasa, 2 September 2014 | 11:19 WIB
Follow Us: Facebook twitter
PBNU Yakin Lebaran 10 September
Headline
Said Aqil Siradj - inilah.com/Agus Priatna
Oleh: MA Hailuki
nasional - Sabtu, 4 September 2010 | 21:08 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yakin tidak akan terjadi perbedaan penetapan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Jika puasa dilakukan genap selama 30 hari berarti Idul Fitri jatuh pada 10 September 2010. Tapi, kalaupun terjadi perbedaan maka perbedaan itu hal biasa. Karena masing-masing berdasar pada kriteria yang dianut, ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (4/9).

terangnya, bagi NU penentuan awal bulan itu harus didahului dengan ruyatul hilal bil fili, yaitu melihat bulan dengan mata telanjang di berbagai titik yang telah ditetapkan oleh PBNU dan Departemen Agama RI .

Bahwa pengertian ruyatul hilal itu bukan berarti hilal ada atau tidak ada, melainkan hilal itu terlihat atau tidak. Dan, perbedaan sering terjadi antarnegara-negara di Timur Tengah, yang jaraknya berdekatan. Misalnya antara Yaman dengan Mesir , Saudi Arabia dengan Yordan. Jadi, perbedaan itu biasa saja dan tidak usah dibesar-besarkan, tutur Said Aqil menambahkan.

Sebagaimana diketahui, NU dalam menetapkan hari Lebaran menggunakan metode melihat hilal melalui teropong. Sedangkan Muhammadiyah menggunakan metode hisab atau penghitungan kalender. [mah]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER