Minggu, 21 Desember 2014 | 20:29 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Foto-foto Perampokan Cimb Niaga
Headline
IST
Oleh: Abdullah Mubarok
nasional - Jumat, 20 Agustus 2010 | 18:58 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Beredar, gambar-gambar perampokan Bank Cimb Niaga, Jalan Aksara, Medan, Sumatera, Rabu 18 Agustus 2010. Ada 4 foto yang mengambarkan para pelaku keluar usai merampok bank, dan membawa pergi tas yang berisi ratusan juta.

Para pelaku menutup kepalanya dengan helm, dan penutup muka. Untuk mengelabui bentuk tubuh, mereka memakai jaket dan sarung tangan dengan warna tidak seragam.

Benar seperti yang diungkapkan, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Oegroseno. Pelaku membawa lari senjata laras panjang dari petugas, yakni AK-47 dan AK-16.

Dilihat cara pelaku memegang senjata seperti pelaku mahir dalam menembak. Hal ini diakui oleh Oegroseno bahwa pelaku kejahatan itu adalah orang yang profesional.

"Pelaku ini diduga yang sudah biasa melakukan kejahatan di berbagai bank," ujar Oegroseno di Medan, Kamis 19 Agustus 2010.

Foto yang lain terlihat 2 tas yang diduga berisi duit hasil rampokan dibawa pelaku. Pembawa tas diboncengi oleh temannya dengan memakai motor matic. Terlihat plat nomor motor yang dikendarai pelaku, tetapi tidak jelas.

Cara kabur menggunakan sepeda motor ini cukup jitu. Para pelaku bisa segera kabur dengan cepat. "Karena jumlah mereka lebih dari sepuluh orang, maka perampokan itu disebut terkordinir," ujar Oegroseno.

Apa saja yang dilakukan oleh pelaku yang diperkirakan berjumlah 16 orang di dalam bank? Menurut manajemen Bank CIMB Niaga Irwansyah Lubis, 16 pelaku terlebih dahulu menyebar.

Dua satpam dan seorang polisi langsung menjadi korban. M Fahmi yang berjaga di dalam bank dan Muh Diantoro yang berjaga di luar bank terkena peluru panas. Sedangkan, Briptu Manuel Simanjuntak tewas.

Setelah berhasil melumpuh petugas keamanan, para perampok mendatangi counter kasir. Head teller ditodong senjata agar mau membuka brankas.

Sebagian lainnya, menuju lantai 3 untuk brankas uang (kasanah) CIMB Niaga. Namun, brankas uang (kasanah) tidak bisa dibuka.

Akhirnya, para perampok mengumpulkan seluruh karyawan bank ke meja customer service. Tujuannya untuk mendapatkan pemegang kunci kasanah.

Usaha para perampok berhasil. Supervisor bank mengambil inisiatif untuk membuka pintu kasanah. Dalam waktu sekitar 10 menit, pelaku berhasil mengambil uang sekitar Rp 400 juta.

"Kejadiannya 15 menit dan kawanan perampok melarikan dengan menggunakan motor," ujar Irwansyah dalam laporan ke Bursa Efek Indonesia, Kamis (19/8). [bar]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER