Jumat, 31 Oktober 2014 | 15:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Harga Pembuatan SIM Baru Jadi Rp125 Ribu
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Laela Zahra
nasional - Jumat, 25 Juni 2010 | 16:23 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Polri telah menetapkan kenaikan tarif penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM), dan surat administratif kepolisian untuk masyarakat, mulai Sabtu (26/6). Inilah harga barunya.

Berikut daftar perubahan tarif harga SIM dan beberapa surat administratif lalu-lintas, yang rata-rata naik 80-100%; pembuatan SIM baru sebelumnya Rp75 ribu, naik menjadi Rp125 ribu, dengan massa berlaku tetap 5 tahun; perpanjangan SIM, surat administratif kepolisian lainnya yang semula Rp60 ribu, naik menjadi Rp80 ribu; tarif lainnya yang naik hingga 100% adalah yang terkait dengan material.

"Misalnya pelat nomor kendaraan bermotor, karena ada kenaikan bahan bakunya yang tinggi, jadi kita menyesuaikan," terang Wakil Direktur Lalu-lintas Mabes Polri, Kombes Pol. Didik Purnomo di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (26/6).

Ada pun tarif Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor, untuk kendaraan roda 2 yang sebelumnya Rp 25 ribu, naik menjadi Rp 50 ribu. Sedangkan tarif untuk kendaraan roda 4, yang sebelumnya Rp 50 ribu, naik menjadi Rp 75 ribu.

Selain daftar yang tertulis di atas, sejumlah tarif penerbitan surat administratif kepolisian untuk masyarakat jenis lainnya, juga naik sekitar 80%. Antara lain penerbitan surat izin senjata api dan bahan peledak, SKCK, dan surat administratif lainnya. [laz/mut]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER