Minggu, 31 Agustus 2014 | 15:29 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Gempa Besar Akan Terjadi di Indonesia (2)
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh:
nasional - Minggu, 30 Mei 2010 | 02:31 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Hasil kajian Kerry Sieh, Direktur Earth Observatory of Singapore, memperkirakan bahwa, akan terjadi gempa bumi dengan kekuatan kekuatan 8,8 Skala Richter. Gempa bumi kolosal (sangat besar) ini, diperkirakan akan menghantam Pulau Sumatera dalam waktu 30 tahun ke depan.

Kajian ini disampaikan dalam presentasinya di Universitas Teknologi Nanyang Singapura, pada 15 Oktober 2009. Dikatakan oleh Sieh, gempa 7,6 Skala Richter yang mengguncang Padang, Sumatera Barat, berdurasi 45 detik.

Dia memperkirakan gempa selanjutnya akan memiliki durasi 6 kali lebih lama dibanding gempa 30 September 2009 itu.

Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan specimen koral dari wilayah Sumatera untuk mengetahui alur tren gempa. Berdasarkan analisinya, gempa 30 September lalu hanyalah pertanda bahwa akan ada gempa yang lebih besar yang akan terjadi.

Staf Khusus Presiden Bindang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief mengungkapkan, dalam catatan sejarah yang di desk-nya, gempa 9,1 Skala Richter terjadi pada tanggal 4 Juni 2000 dan tanggal 2 November 2002.
"Gempa ini terjadi setelah sebelumnya ada gempa dengan kekuatan yang tidak terlalu besar. Sehingga, tenaga gempa terkumpul sangat luar biasa besar dari masa-masa sebelumnya, yang mengakibatkan gempa yang kekuatannya sangat besar," kata Andi.

Diungkapkan juga, dalam International Symposium on Earthquake and Precursor, dengan tema On The Possibility of Establishing For Earthquake Precursors Monitoring System, yang diselenggarakan oleh JISNET dan Task Force Meeting on Establishment of Monitoring Network of Tsunami Early Warning Systems in South East Asia di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 16-20 November 2009, hal ini diungkap juga.

Profesor John Mc Closkey, ahli Gempa bumi, Kepala Geofisika Research Group di Ulster's Environmental Sciences Research Institute telah membuktikan prediksi yang sama.

Sangat mungkin, gempa itu membuat gempa besar berikutnya. Menurut Profesor John McCloskey, dalam korenspondennya tentang The September 2009 Padang earthquake yang diterbitkan oleh Nature Geoscience's Journal pada 17 Januari 2010 mengungkapkan, gempa di tahun 2005 akan menimbulkan gempa susulan besar setelah gempa dan tsunami Aceh.

Gempa bumi yang mengguncang Padang, Sumatra Barat pada bulan September tahun lalu menewaskan lebih dari 1000 orang itu diprediksikan bukan 'gempa bumi besar'.[bersambung/ims]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER