Senin, 21 April 2014 | 21:41 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ayin-Ibu Ani, 'Hubungan Gelap'?
Headline
Artalyta Suryani dan Ani Yudhoyono - inilah.com
Oleh: Abdulah Karim & Ahluwalia
nasional - Senin, 25 Agustus 2008 | 15:44 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Ini kabar muram dan mencemaskan. Artalyta 'Ayin' Suryani ternyata punya relasi spesial dengan Ibu Ani Susilo Bambang Yudhoyono, istri Presiden SBY, di Yayasan Mutu Manikam. Ayin jadi bendahara di yayasan sosial itu.
Tak pelak lagi, telepon-teleponan Ayin ke istana ketika bersama Jaksa Urip Tri Gunawan 'ketangkap basah' petugas KPK tempo hari, diduga kuat karena koneksitas politik itu.
Para pengamat hukum dan politik mengungkapkan, meski sebatas relasi kerja di yayasan, perkara korupsi-kolusi yang menjerat Ayin telah membuat istana terkena getahnya. Mengapa?
Pengamat korupsi dari Indonesia Corruption Watch (ICW) Ibrahim Fahmi Badoh mengungkapkan, koneksi politik Ayin-Ani SBY ini jadi rumor politik sensitif. Ayin terlibat suap bersama Urip sehingga membuatnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Menurut Fahmi, skandal Ayin-Urip sangat memalukan Kejaksaan Agung.
Dengan munculnya dugaan relasi Ayin-Ibu Ani SBY, kini bau skandal dengan Istana Presiden pun merebak. "Presiden harus membersihkan diri dari lingkaran berbau KKN. Itu mutlak," katanya.
Bisa jadi, hal itu mengindikasikan bahwa makelar kasus dan perkara KKN seperti Ayin mampu berkelit kelindan di Mahkamah Agung, Kejagung, dan Kehakiman gara-gara relasi gelapnya dengan Istana Presiden.
Hubungan gelap Ayin-Ibu Negara di Yayasan Mutu Manikam boleh jadi dimanfaatkan untuk memakelari perkara sembari berjubah sebagai 'pengusaha profesional'. Pengakuan Ayin bahwa dirinya pengusaha profesional pun boleh jadi hanya kedok.
"Itu pengakuan seorang pelaku kejahatan dalam skala tinggi, tapi kelihatan betapa ia mengibuli publik dan dirinya sendiri," kata Andriyanto, Ketua Prodem, sebuah ornop (organisasi nonpemerintah) jaringan aktivis prodemokrasi angkatan 1980-an dan 1990-an.
Sebagai oknum bermasalah, Ayin memang berusaha menghilangkan jejak koneksi politiknya dengan Ani SBY. Tapi, bau sangit koneksitas ke Istana Presiden itu membuat para aktivis ICW dan Transparansi International melihat posisi SBY lemah dalam upaya penegakan hukum. Apalagi, Ayin terbukti memiliki relasi kerja sama dengan Ibu Negara.
Masalah ini diperperah lagi dengan skandal aliran dana BI ke DPR, di mana besan presiden, yakni Aulia Pohan, juga diperiksa KPK meski belum dijadikan tersangka.
Dua tusukan dari Ayin dan Aulia itu telah membuat posisi dan imagologi SBY dalam langkah pemberantasan korupsi jadi lemah dan mendapat sorotan tajam publik.
Para makelar perkara seperti Ayin sangat sadar bahwa sistem peradilan pidana yang korup merupakan lahan subur bagi tumbuh dan berkembangnya akar kriminogen (kondisi penyebab kejahatan).
Yang menyedihkan lagi, Ayin yang bermasalah itu punya koneksi politik dengan Ibu Negara, suatu hal yang harus diselesaikan oleh kalangan Istana Negara sendiri. [E1/I3]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER