Minggu, 26 Oktober 2014 | 01:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Gerhana Matahari di Jakarta Siang Ini
Headline
istimewa
Oleh:
nasional - Jumat, 15 Januari 2010 | 09:23 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Gerhana matahari sebagian akan terjadi Jumat (15/1) ini di wilayah Jakarta dengan kapasitas gerhananya mencapai 11,1%.

Hal ini ditegaskan Kepala Pusat Sain Atmosfir dan Iklim LAPAN, Thomas Djamaluddin kepada INILAH.COM. Menurutnya gerhana matahari yang terjadi di wilayah Indonesia, termasuk Jakarta ini merupakan gerhana matahari sebagian saja. Untuk Jakarta sendiri gerhana matahari ini akan terjadi sekitar pukul 14.33-16.00 WIB. "Gerhana matahari ini akan terlihat jika kondisi di Jakarta cerah hari ini," ujarnya.

Sementara wilayah Indonesia lainnya yang terkena gerhana matahari sebagian ini meliputi Bandung 8,3% pada pukul 14.39-15.55, Kalimantan (Pontianak) 20,6% pada pukul 14.33-1623 WIB, Sumatera 8-54 %, Jawa Barat dan tengah 0-11%. Persentase terbesar di wilayah Indonesia itu berada di wilayah Aceh ( Lhokseumawe) sekitar 53,7% dan terjadi pukul 13.45-16.45 WIB.

Gerhana matahari merupakan fenomena alam, di mana piringan matahari akan tertutup piringan bulan. Untuk gerhana matahari sebagaian, piringan matahari hanya sedikit yang tertutup piringan bulan.

Di Indonesia sendiri, LAPAN akan menyediakan fasilitas di Sumedang dan Bandung untuk melihat fenomena gerhana itu sendiri. "Di Indonesia, gerhana matahari ini adalah yang pertama dan terakhir di tahun 2010 ini," tukasnya.

Sementara untuk gerhana marahari total atau cincin akan terjadi di Afrika Tengah, India Selatan, Myanmar dan China. [cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER