Rabu, 23 April 2014 | 18:47 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tugas Dewan Syuro Dibatasi
Oleh: Djibril Muhammad
nasional - Sabtu, 3 Mei 2008 | 20:32 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Ketakutan Dewan Syuro menjadi lembaga superior sempat mengemuka dalam sidang Komisi A MLB PKB Muhaimin Iskandar. Sidang pun merumuskan definisi dewan syuro agar tidak ada lagi lembaga superior di PKB.

Sebelumnya sempat terjadi perdebatan dalam sidang. Beberapa perwakilan wilayah menginginkan Dewan Syuro dihapus. Namun wakil DPC dari Sulawesi Utara, menegaskan Dewan Syuro harus tetap ada meski sudah ada Dewan Mustasyar.

Dari perdebatan itu, ada ketakutan kalau dewan syuro begitu superior, sehingga para mukhtamar dan muktamirin MLB pada sidang komisi A merumuskan definisi Dewan Syuro, yaitu dewan pimpinan partai yang membuat dan menetapkan kebijakan umum partai serta melakukan pengawas.

Adapun isi ayat 2 AD PKB yang ada dalam draft berbunyi, Dewan Syuro di setiap tingkatan adalah penjaga moralitas partai yang bertugas menjaga keutuhan partai, membuat dan menetapkan pedoman umum kebijakan utama partai serta menggali, mengembangkan, dan menyebarkan nilai-nilai dasar perjuangan BKB.

Ini berbeda dengan hasil muktamar di Semarang yang menyebutkan pimpinan partai adalah yang membuat dan menetapkan pedoman umum keijakan partai. Sementara itu isi ayat ketiga AD adalah mengenai dewan tanfiz yaitu pimpinan eksekutif partai yang membuat dan menjalankan kebijakan strategi partai. Dengan demikian, ditetapkan anggaran dasar partai kebangkitan bangsa itu ada 16 bab dan 27 pasal dan sudah disahkan.[L5]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER