Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 15:09 WIB
 

Ketua DPR Perlu Intens Komunikasi dengan Jokowi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 14 Januari 2018 | 06:09 WIB
Ketua DPR Perlu Intens Komunikasi dengan Jokowi
Pengamat politik, Gun Gun Heryanto - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik, Gun Gun Heryanto menilai kader Partai Golkar yang ditunjuk menjadi calon Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto akan menjadi jembatan komunikasi politik dengan pemerintah.

Dalam hal ini adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sedangkan, nama yang menguat Bambang Soesatyo.

"Saya pikir mereka juga akan melakukan kerja-kerja komunikasi dan koordinasi dengan lembaga selevel dalam konteks ini kepresidenan," kata Gun Gun kepada INILAHCOM, Sabtu (13/1/2018).

Ia menjelaskan yang menjadi barier atau hambatan itu bisa muncul sebenarnya dari keengganan berkomunikasi, tentu kader partai berlambang pohon beringin memiliki kedekatan dengan Jusuf Kalla juga Jokowi.

"Menurut saya, Bamsoet juga punya potensi untuk berkomunikasi," ujarnya.

Ia memberikan catatan dalam kontek ini DPR, siapa pun yang ditunjuk sebagai Ketua DPR memang harus membangun komunikasi intens dan profesional dengan presiden karena menjadi mitra sejajar.

"Bukan subordinat dari seorang presiden atau juga bukan atasan dari presiden," jelas dia.

Menurut dia, sebenarnya dari era Novanto komunikasi legislatif dengan eksekutif sudah berjalan baik, hanya masalahnya Novanto sendiri yang bermasalah.

Nah, kata dia, kalau kemudian DPR dua tahun terakhir bisa mengoptimalkan perannya terus dipimpin oleh orang yang tidak bermasalah kemudian komunikasi politik prduktif dengan eksekutif tentu akan menjadi lebih baik.

"Saya pikir selain membenahi internal sekaligus memacu turut mengontrol kinerja eksekutif, saya pikir akan menjadi baik," tandasnya.[ris]

Tags

Komentar

x