Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 04:51 WIB

Kapolri: Jenderal yang Tak Lolos KPU Bisa Kembali

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 11 Januari 2018 | 19:14 WIB

Berita Terkait

Kapolri: Jenderal yang Tak Lolos KPU Bisa Kembali
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tetap memberikan kesempatan kepada anggota Polri yang mengikuti kontestasi Pilkada 2018 namun tak lolos verifikasi KPUD untuk kembali menjadi anggota Polri.

Hal itu menjadi pilihan bagi anggota tersebut untuk tetap mundur atau kembali lagi menjadi anggota Polri.

Namun, jika anggota tersebut sudah dinyatakan lolos verifikasi oleh KPUD sebagai bakal calon pada 12 Februari 2018 mendatang, maka anggota tersebut diharapkan mundur sesegera mungkin.

"Karena ini masih proses dan belum diberhentikan, terserah pejabat yang bersangkutan. Kalau pejabat yang bersangkutan ingin lanjut pensiun kita proses pensiunnya, tapi kalau yang bersangkutan masih ingin mengabdi kepada Polri dan belum pensiun kita terima juga," ujar Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Mengenai surat pengunduran diri bagi anggota yang maju di Pilkada serentak 2018, Tito mengaku sudah mendapati informasi bahwa surat itu sudah ruang mejanya, namun akan diproses dahulu oleh SDM Kapolri

"Saya sudah menon-job-kan tiga orang perwira tinggi yang ikut pilkada. Minggu lalu sudah keluar TR (Telegram Rahasia). Minggu ini kita laksanakan," kata Tito.

Seperti diketahui, ada tiga Perwira Tinggi (Pati) Polri yang sudah mendaftarkan diri bakal Cagub maupum Cawagub di Pilkada serentak 2018.

Mereka yakni Irjen Pol Safaruddin sudah resmi mendaftarkan diri menjadi Cagub Kalimantan Timur di Pilgub Kalimantan Timur. Kemudian ada Irjen Pol Anton Charliyan juga maju di Pilgub Jawa Barat sebagai Cawagub. Dan terakhir Irjen Pol Murad Ismail maju sebagai Cagub di Pilgub Maluku.

Selain tiga Pati Polri tersebut, ada juga tujuh orang anggota Polri dari tingkat perwira menengah yang ikut serta dalam Pilkada serentak 2018.[jat]

Komentar

x