Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 20:53 WIB
 

KPK-Kemendagri Bahas Pencegahan Korupsi di Daerah

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 11 Januari 2018 | 13:52 WIB
KPK-Kemendagri Bahas Pencegahan Korupsi di Daerah
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Hal itu dilakukan karena banyaknya korupsi yang dilakukan kepala daerah.

"Dalam pelaksanaan tugas pencegahan akan dilakukan rapat koordinasi sekaligus evaluasi perkembangan sejumlah upaya pencegahan korupsi di daerah," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (11/1/2018).

Febri menjelaskan, ada sejumlah hal yang akan dibahas dalam rapat koordinasi ini. Antara lain penguatan aparat pengawas internal pemerintah (APIP).

"Lemahnya peran APIP dinilai menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kasus kepala daerah yang diproses KPK," ujar dia.

Febri mengatakan kedua instansi akan membahas perkembangan revisi PP 18 Tahun 2016. Revisi ini akan mengatur konsep pertanggungjawaban Inspektur di daerah pada Menteri, Gubernur Bupati atau Wali Kota.

"Hal ini penting untuk memastikan independensi APIP secara struktural di daerah ketika menjalankan tugasnya," ungkapnya

Kemudian juga akan dibahas mengenai verifikasi dan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa. Dengan dana desa yang besar saat ini diperlukan sistem pencegahan agar tidak ada lagi penyimpangan dalam pengelolaan dana desa.

"Apa hasil dan uraian lebih lanjut akan disampaikan setelah pertemuan dilakukan. Saat ini direncanakan Inspektur Jenderal dan staff serta sejumlah Dirjen di Kemdagri akan datang dan kegiatan juga akan dihadiri Pimpinan KPK, Alexander Marwata," pungkasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x