Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Oktober 2018 | 13:26 WIB

Jokowi Sentil Susi Soal Industri Perikanan

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 10 Januari 2018 | 21:31 WIB

Berita Terkait

Jokowi Sentil Susi Soal Industri Perikanan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak hanya fokus menggalakan kebijakan penenggalamkan kapal pelaku ilegal fishing di perairan Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi menyikapi kebijakan penengelaman kapal yang memicu perdebatan antara Susi dengan Menko Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan.

Jokowi pun meminta agar Susi saat ini juga memperhatikan industri pengolahan hasil laut untuk mendorong ekspor perikanan dari tanah air.

"Saya sampaikan ke Bu Susi, sekarang konsentrasinya ke industri pengolahan ikan. Terutama yang mendorong untuk ekspor ikan," kata Jokowi di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Adapun kebijakan peneggelaman kapal, menurutnya bukanlah kebijakan yang salah. Jokowi menilai kebijakan penenggelaman kapal merupakan bukti ketegasan pemerintah terhadap masalah illegal fishing.

Namun, Kepala Negara mengharapkan agar Susi juga tak mengenyampingkan tugasnya untuk meningkatkan ekspor perikanan lantaran adanya penurunan saat ini.

'Penenggelaman ini bentuk law enforcement yang kita tunjukkan bahwa ini tidak main main terhadap ilegal fishing. Oleh karena itu, yang paling seram ditenggelamkan untuk efek jera. Tapi ekspor ikan, ekspor nya kita turun. Itu saja," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x