Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:32 WIB

Besok, Cagub Sumut Jalani Tes Psikologi

Rabu, 10 Januari 2018 | 19:27 WIB

Berita Terkait

Besok, Cagub Sumut Jalani Tes Psikologi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Medan - Bakal calon gubernur yang menjadi konstentan pada pemilihan kepala daerah atau pilkada Sumatera Utara tahun 2018 menjalani pemeriksaan psikologi di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, Kamis (11/1).

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018, dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL mengatakan pemeriksaan psikologi itu merupakan urutan yang pertama yang akan dilakukan terhadap bakal calon kepala daerah.

Kemudian, menurut dia, dilanjutkan dengan pemeriksaan tes bebas narkoba yang akan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut.

"Dalam pemeriksaan psikologi terhadap calon gubernur (Cagub) itu, akan dilakukan secara langsung oleh Perhimpunan Psikologi di daerah tersebut," ujar Ramlan di Medan, Rabu (10/1/2018).

Ia menyebutkan, usai pemeriksaan bebas narkoba dan dilanjutkan dengan pemeriksaan mata, pendengaran, penciuman, urologi, bedah, jantung dan pemeriksaan penunjang seperti elektrokardiogram (EKG) Dalam pemeriksaan kesehatan bakal cagub itu melibatkan lebih kurang 50 dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut.

"Dalam satu hari penuh itu, kita akan menyelesaikan seluruhnya untuk pemeriksaan kesehatan bakal cagub Sumut," ucapnya.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan calon wakil gubernur (cawagub) Sumut akan dilaksanakan di Gedung Paviliun RSUP Adam Malik Medan, Jumat (12/1).

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati maupun bakal calon wali kota/wakil wali kota dilaksanakan Sabtu-Minggu (13-14/1).

RSUP Adam Malik dipercaya untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub, karena rumah sakit milik pemerintah tersebut, merupakan peringkat klas A.

"Jadi, pemeriksaan kesehatan terhadap calon kepala daerah itu, harus dilakukan rumah sakit klas A, dan sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut.

Di Sumut akan diselenggarakan pemilihan gubernur dan pilkada di delapan kabupaten/kota, yakni Kabupaten Langkat, Deliserdang, Dairi, Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, dan Kota Padang Sidimpuan.

Untuk pemilihan gubernur Sumut, telah ada dua pasangan bakal calon yang mendaftar ke KPU, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang didukung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura.

Kemudian, pasangan JR Saragih-Ance Selian yang didukung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).[tar]

Komentar

Embed Widget
x