Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 18:33 WIB
 

Pasangan Rusmadi-Safaruddin Daftar ke KPU Kaltim

Oleh : - | Rabu, 10 Januari 2018 | 17:45 WIB
Pasangan Rusmadi-Safaruddin Daftar ke KPU Kaltim
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rusmadi Wongso-Safaruddin

INILAHCOM, Samarinda - Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rusmadi Wongso-Safaruddin mendaftarkan diri ke KPUD setempat, Rabu (10/1/2018) sore. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura.

Rusmadi dan Irjen Safaruddin berjalan kaki sekitar 500 meter dari Masjid Sofiatul Amin yang berada di komplek GOR Segiri Samarinda menuju kantor KPU Kaltim di Jalan Basuki Rahmad Samarinda.

Keduanya melakukan pawai jalan kaki dengan dikawal pengurus parpol dan ratusan kader serta simpatisan, berikut iringan sejumlah kesenian tradisional.

Rombongan Rusmadi-Safaruddin tiba di kantor KPU sekitar pukul 17.00 Wita dan langsung diarahkan menuju aula tempat pendaftaran. Mereka diterima Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik dan jajaran komisioner lainnya.

Rusmadi merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, sedangkan pasangannya Irjen Polisi Safaruddin adalah Kapolda Kaltim.

Pasangan ini diusung koalisi PDI Perjuangan dan Partai Hanura dengan jumlah dukungan kursi di DPRD Kaltim sebanyak 14 kursi.

Baik Rusmadi maupun Safaruddin menyatakan telah mengajukan surat pengunduran diri dan pensiun dari masing-masing institusinya sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta pilkada di KPU Kaltim.

Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan, dokumen pencalonan pasangan Rusmadi-Safaruddin berupa dukungan dari partai politik dinyatakan sah, namun untuk beberapa dokumen pribadi masih perlu dilengkapi.

"KPU Kaltim telah menerima berkas pencalonan pasangan Rusmadi-Safaruddin dan telah kami nyatakan sah," kata Rudi.

Hingga Rabu sore, pasangan Rusmadi-Safaruddin menjadi peserta ketiga yang mendaftarkan diri sebagai bacagub-bacawagub untuk Pilkada Kaltim 2018.

Dua pasangan yang sebelumnya sudah mendaftar masing-masing Isran Noor-Hadi Mulyadi yang diusung Gerindra, PKS dan PAN pada Senin (8/1) dan Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail koalisi Partai Golkar dan Nasdem yang mendaftar pada Rabu siang.

Satu pasangan lagi yang dijadwalkan mendaftar di KPU Kaltim pada Rabu malam adalah Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat yang diusung koalisi Partai Demokrat, PPP dan PKB.

Sesuai jadwal, hari terakhir pendaftaran peserta pilkada akan ditutup pada pukul 24.00 Wita. [tar]

Komentar

x