Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 04:57 WIB
 

Pilkada Bondowoso

Ribuan Aparat Gabungan Siap Jaga Keamanan

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 10 Januari 2018 | 18:18 WIB
Ribuan Aparat Gabungan Siap Jaga Keamanan
Kapolres Bondowoso AKB Taufik Herdiansyah Zeinardi - (Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Bondowoso - Ribuan personel kepolisian diturunkan untuk mengamankan sepanjang berlangsungnya proses Pilkada Bondowoso, Jawa Timur tahun ini.

Kapolres Bondowoso AKB Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan pada tahun ini pihaknya akan menerjunkan sebanyak 4.800 orang aparat gabungan. 1.500 personel disiapkan untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS).

"Itu nanti akan mengamankan sekitar 450 ribu pemilih dan 1,500 TPS saat Hari-H. Tapi kebutuhan kekuatan pengamanan akan disesuaikan dengan tahapan pemilu," kata Taufik di Bondowoso, Rabu (10/1/2017).

Ia menjelaskan 500 orang personel berasal dari PolresBondowoso, 100 orang dari Satuan Brimob, 200 orang dari TNI yang diperbantukan sebagai bantuan cadangan,dan sebanyak empat ribu orang dari aparat perlindungan masyarakat (linmas) pemerintah daerah.

"Pola pengamanan di TPS akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan. Kalau aman, satu personel membawahi 10 TPS. Kalau rawan, satu personel menjaga satu TPS. Kalau agak rawan, satu personel membawahi lima TPS. Nanti akan dipetakan," jelasnya.

Taufik menambahkan, polisi pun telah memetakan tingkat kerawanan di daerah-daerah pemilihan. "Mungkin berdasarkan rujukan tahun-tahun sebelumya atau berdasarkan perkembangan yang sekarang dengan basis kekuatan (politik) dan ancaman," tandasnya. [beritajatim]

Komentar

 
x