Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 April 2018 | 20:49 WIB
 

Ketua DPR Diharap Sinergi Jaga Stabilitas Politik

Oleh : - | Rabu, 10 Januari 2018 | 01:11 WIB
Ketua DPR Diharap Sinergi Jaga Stabilitas Politik
Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan calon Ketua DPR pengganti Setya Novanto harus memiliki kriteria bersih dan berintegritas serta tidak punya rekam jejak kasus korupsi.

"Ini yang perlu diperhatikan publik dan internal Partai Golkar. Pertama kriteria Ketua DPR baru harus bersih, berintegritas dan tak pernah punya rekam jejak kasus korupsi. Sekecil apapun kasus korupsinya," kata Adi, Selasa (9/1/2018).

Kemudian, kata Adi, calon Ketua DPR dari Fraksi Golkar juga harus sesuai dengan nafas pemberantasan korupsi sikap politiknya. Menurut dia, Ketua DPR tidak boleh pernah terlibat dalam sikap memperlemah pemberantasan korupsi.

"Karena Ketua DPR adalah jatah Golkar, maka Ketua DPR harus di luar Pansus Angket KPK. Sebab, Pansus KPK jelas merupakan langkah menghambat pemberantasan korupsi," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, calon Ketua DPR juga harus orang yang bisa bersinergi dengan pemerintah demi menjaga stabilitas politik. Sehingga, jangan sampai terjadi kegaduhan lagi di tahun politik ini.

"Ketiga faktor politik, yakni Ketua DPR baru harus seirama dengan pemerintah saat ini untuk menghindari kegaduhan di tahun politik," tandasnya.

Untuk diketahui, beberapa nama calon Ketua DPR yang beredar belakangan adalah Ketua Komisi III DPR Bambang Susatyo, Ketua Banggar DPR Aziz Syamsudin, Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x