Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 Februari 2018 | 02:49 WIB
 

Sang Jenderal dari PDIP yang Maju di Pilgub Jabar

Oleh : Happy Karundeng | Senin, 8 Januari 2018 | 17:29 WIB
Sang Jenderal dari PDIP yang Maju di Pilgub Jabar
TB Hasanuddin bersama Anton Charliyan - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Panggung politik pesta demokrasi Pilgub Jabar terus memberikan kejutan. Salah satunya yang dilakukan PDI Perjuangan.

Setelah sebelumnya santer diisukan akan mengusung Ridwan Kamil, secara mengejutkan, partai besutan putri Sang Proklamator ini mengambil keputusan untuk mengusung kadernya sendiri. Kader yang dipercaya adalah Tubagus (TB) Hasanudin.

Dengan modal 20 kursi di DPRD partai berlambang banteng ini resmi mengusung Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan yang merupakan perpaduan unsur TNI/Polri.

Pria yang lahir di Majalengka pada 8 September 1952 lalu ini kini dikenal sebagai anggota DPR/MPR dari daerah pemilihan Jawa Barat 9.

Sebelum berkarir di Senayan, TB Hasanuddin adalah anggota TNI berpangkat Mayor Jenderal. Kini Sang Jenderal menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR bidang Pertahanan, Intelejen, Luar Negeri dan Komunikasi.

Kiprah pria yang sudah dikaruniai dua orang anak ini termasuk paling aktif dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan. Lulusan pasca sarjana Universitas Pasundan tahun 2006 ini dipercaya sangat tegas dan berwibawa.

Sebagai anggota Komisi I DPR RI, Kang TB begitu panggilan akrabnya ikut serta dalam penentuan sejumlah sikap politik di Komisi I DPR. Diantaranya, RUU Penetapan Zona Ekonomi Eksklusif dengan Republik Filipina, UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), RUU Kerjasama dengan Republik Rakyat Tiongkok dan Jerman, Peraturan Presiden No.58 Tahun 2015 tentang Kementerian Pertahanan dan RUU Pilkada (2014).

Dalam karir militernya tercatat ada beberapa lencana yang pernah disematkan kepadanya. Diantaranya Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, Satya Lencana Dwija Sista, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Penugasan PBB, Santi Dharma Garuda XI, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Bintang Yudha Dharma Nararya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x