Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 00:54 WIB
 

Polri: Mutasi Perwira Dalam Rangka 'Tour Of Duty'

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Sabtu, 6 Januari 2018 | 00:08 WIB
Polri: Mutasi Perwira Dalam Rangka 'Tour Of Duty'
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengeluarkan surat telegram mutasi di tubuh Polri. Mulai dari Jenderal Budi Gunawan yang pensiun hingga sejumlah Kapolda yang dimutasi.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan mutasi ini adalah salah satu rangkaian proses pengunduran diri bagi sejumlah Perwira Tinggi (PATI) Polri yang akan maju di Pilkada 2018.

"Bahwa mutasi adalah rangkaian tour of Duty, itu kan banyak Kapolres maupun Kapolda, tour of duty itu kan banyak ada juga dalam rangka pensiun misalnya pak Budi Gunawan.
Kemudian, juga untuk menindaklanjuti beberapa perwira Polri yang turun dalam kontestasi Pilkada 2018 ini," kata Iqbal dalam keterangannya, Jumat (5/1/2018).

Sejumlah Jenderal bintang dua yang akan maju dalam kontes Pilkada 2018 yakni Danko Brimob Polri Irjen Murad Ismail yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobile Korbrimob Polri. Murad sudah diusung oleh beberapa Partai Politik untuk maju di Pilkada Maluku 2018.

Kemudian ada Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin dimutasi menjadi Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Safaruddin disebut-sebut siap maju di Pilkada Kalimatan Timur.

Sementara Irjen Anton Charliyan dimutasi,sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Anton sendiri sudah mengutarakan niatnya untuk maju di bursa calon Pilkada di Jawa Barat.

Selain itu, Jenderal Budi Gunawan pensiun dari Polri. BG yang menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) sudah tak aktif lagi sebagai perwira Polri. Namun, BG tetap akan mengemban tugas sebagai Kepala BIN.

"Pak Budi Gunawan pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi," jelas Iqbal.

Keputusan mutasi dan pensiun ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018. Total ada 113 personel Polri dari tingkat Jenderal hingga perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar (AKBP).[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x