Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 15:17 WIB

BSSN Siap Sinergi dengan Polri-BIN

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 5 Januari 2018 | 22:22 WIB
BSSN Siap Sinergi dengan Polri-BIN
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi mengatakan badan siber berangkat dari cikal bakal dasar pondasi lembaga sandi negara dan direvitalisasi sehingga menjadi badan siber.

"Kewenangan tidak terlepas dari kegiatan sebelumnya hanya ditambah satu direktorat keamanan informasi," katanya, Jumat (5/1/2018).

Menurut dia, kalau memang seandainya badan siber diberi kewenangan lebih untuk mendeteksi dini juga menentukan titik atau poin yang memang sedang dicari misalnya kejahatan terorisme. Sebab, deteksi ini bisa dilakukan dari pihak manapun, tergantung ketepatan, alat dan kepekaan.

"Sedangkan kewenangan barangkali nanti akan kita lakukan upaya-upaya sejauh mana lembaga ini diberikan tentang kejahatan tadi," ujarnya.

Kemudian, kata Djoko, pihaknya akan bersinergi juga dengan lembaga lain seperti Mabes Polri, BIN, Mabes TNI dan lainnya supaya tidak tumpang tindih dan menghemat anggaran. Karena, hal ini sudah diingatkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bapak presiden wanti-wanti jangan sampai badan siber mengajukan hal yang sama, makanya harus sinergi sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan duplikasi. Saya yakin sinergi dilakukan, maka kordinasi akan kita estimasikan sesuai kebutuhan yang dibutuhkan, ini teknisnya," tandasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x