Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 13:25 WIB

Bagaimana Nasib Politik Abdullah Azwar Anas?

Oleh : R Ferdian Andi R | Jumat, 5 Januari 2018 | 21:32 WIB

Berita Terkait

Bagaimana Nasib Politik Abdullah Azwar Anas?
Abdullah Azwar Anas (kiri) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nama Abdullah Azwar Anas, Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Syaifullah Yusuf dalam dua hari ini menjadi perbincangan hangat publik nasional. Jelang detik terakhir pendaftaran calon kepala daerah, tersiar isu Anas urung maju dalam kontestasi politik di ujung pulau Jawa itu. Bagaimana kelanjutan nasib politik triple A, Abdullah Azwar Anas ini?

Abdullah Azwar Anas yang saat ini menjabat Bupati Banyuwangi diisukan urung maju dalam Pilkada Jawa Timur mendampingi Syaifullah Yusuf yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Penyebabnya tak lain soal tersebarnya foto yang diduga Anas bersama perempuan.

Abdullah Azwar Anas sendiri telah mengklarifikasi soal isu yang menimpa dirinya. Meski tidak spesifik terkait persoalan termutakhir yang menimpa dirinya, Anas mengaku situasi yang menimpa dirinya saat ini kerap ia terima sejak dua tahun menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

Penyebabnya imbas kebijakan yang ia terbitkan di kabupaten paling ujung pulau Jawa itu. "Perlakuan yang sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan," aku Anas melalui pesan singkat, Jumat (5/1/2018).

Ia menyebut sejumlah kebijakan yang ia terbitkan yang menimbulkan resistensi seperti soal kebijakan Pemkab Banyuwangi atas pendirian pasar modern, hingga membuat kebijakan pemberian saham kepada masyarakat di sektor tambang.

Adapun terkait dengan kelanjutan pencalonan dirinya menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini menyerahkan sepenuhnya kepada kebijakan partai. Sebagai petugas partai, Anas mengaku siap menjalankan perintah partai. "Jadi apa pun keputusan partai, saya siap," tandas Anas.

Sementara DPP PDI Perjuangan memutuskan tetap mengusung pasangan Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas dalam pilkada di Jawa Timur. Keputusan tersebut diambil setelah elit DPP PDI Perjuangan menggelar rapat selama tiga jam di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya tetap mengusung Abdullah Azwar Anas untuk mendampingi Syaifullah Yusuf dalam Pilkada Jawa Timur. Tersebarnya foto yang mengaitkan dengan Anas, Hasto menyebut foto tersebut hanyalah rekayasa untuk menjatuhkan Anas. "Kami tidak mengubah pasangan calon yang ditetapkan," kata Hasto kepada wartawan di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jumat (5/1/2018).

Keputusan politik PDI Perjuangan yang tetap mencalonkan Abdullah Azwar Anas sebagai Cawagub dalam Pilkada Jawa Timur tentu telah diperhitungkan secara matang untung dan ruginya. Begitu juga kesimpulan DPP PDI Perjuangan yang menyebut foto yang tersebar merupakan foto hasil rekayasa juga tentu telah melalui berbagai tahapan hingga menyimpulkan hal tersebut.

Keputusan politik telah ditempuh partai pengusung dengan berbagai konsekwensi yang akan dipikul. Di sisi lain, foto yang disebut menyerupai Anas itu telah tersebar secara luas di publik. Melokalisir serta mengklarifikasi foto tersebut secara terang kepada publik menjadi langkah pertama yang harus segera dilakukan.

Karakteristik masyarakat Jawa Timur yang didominasi kalangan santri tentu akan cukup resisten dengan foto-foto yang dianggap tidak elok jika itu benar dilakukan calon pemimpin Jawa Timur. Upaya tersebut semata-mata untuk merawat optimisme kemenangan setiap kandidat yang maju dalam kontestasi politik termasuk Pilkada.

Komentar

Embed Widget
x