Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 23:15 WIB
 

Hakim Tolak Eksepsi Novanto, Sidang e-KTP Lanjut

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 4 Januari 2018 | 10:51 WIB
Hakim Tolak Eksepsi Novanto, Sidang e-KTP Lanjut
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto (Setnov) dalam perkara dugaan korupsi e-KTP.

Ketua Majelis Hakim Yatno menyebut, dakwaan yang disusun dan telah dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sah.

"Dakwaan tersebut sah menurut hukum. Karena keberatan Setya Novanto tidak dapat diterima, maka persidangan akan dilanjutkan," kata Hakim Yanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Hakim Yanto berpandangan, dakwaan Jaksa KPK telah memenuhi unsur-unsur syarat materiil maupun formil. Oleh karenanya, dakwaan tersebut akan kembali diperiksa dengan menghadirkan sejumlah bukti dan saksi.

"Menyatakan dakwaan telah memenuhi syarat formil dan materiil dan dapat diterima," pungkasnya.

Setya Novanto didakwa secara bersama-sama melakukan perbuatan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sekira Rp2,3 triliun dalam proyek pengadaan e-KTP, tahun anggaran 2011-2013.

Setya Novanto selaku mantan Ketua fraksi Golkar diduga mempunyai pengaruh penting untuk meloloskan anggaran proyek e-KTP yang sedang dibahas dan digodok di Komisi II DPR RI pada tahun anggaran 2011-2012.

Atas perbuatannya, Setya Novanto didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x