Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:57 WIB

BSSN Gandeng Polri Deteksi Terorisme di Dunia Maya

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 3 Januari 2018 | 14:11 WIB

Berita Terkait

BSSN Gandeng Polri Deteksi Terorisme di Dunia Maya
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI Djoko Setiadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI Djoko Setiadi mengaku menerima arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pascadilantik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2017).

"Pasti ada (arahan). Beliau mengarahkan bahwa kemampuan ini disamping instansi pemerintah juga ke BUMN dan ke privat. Bahkan, ke warga negara ini impian beliau. Ini yang akan kami lakukan," ujar Djoko.

Ia pun memastikan, BSSN merupakan transformasi dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang tidak akan pernah berpihak pada siapapun dalam menjaga tugasnya.

"Kami netral betul-betul tidak diatur oleh siapapun dan tujuan kami mengamankan dan membantu pemerintah dalam hal ini khususnya siber," ucapnya.

Lebih jauh, ia memastikan akan memaksimalkan penggunaan teknologi dan mengontrol kegiatan siber di dunia maya dalam menangani hoax dan ujaran kebencian serta menangkal terorisme.

"Ini kan, sangat luas, tapi Insya Allah badan siber akan mampu mengendalikan bahkan mampu mengontrol. Untuk menangani terorisme, kami membentuk kepada Mabes Polri khususnya dalam penanggulangan tentunya ada sharing nanti," ungkapnya.

Kepala BSSN juga menegaskan akan memanfaatkan penggunaan teknologi terkini untuk mendeteksi, mencari hingga menemukan potensi terorisme di dunia maya.

Hal inilah yang akan diperkuat BSSN dalam bersinergi dengan aparat kepolisian agar masalah terorisme yang berkembang di dunia siber dapat ditangani sejak dini.

"Tentu yang kami temukan akan sharing dengan yang berwenang, dalam hal ini kepolisian. Kami bekerja sama dengan Mabes Polri. Pergerakan terorisme di dunia siber pasti ada. Mereka justru sudah duluan masuk dunia siber ini. Mereka menggunakan telekomunikasi juga cukup baik, cukup rapat dan kita juga menembusnya harus hati-hati," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x