Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 02:30 WIB

PKB: Bamsoet Bagus ‎untuk Jadi Ketua DPR

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 3 Januari 2018 | 10:40 WIB

Berita Terkait

PKB: Bamsoet Bagus ‎untuk Jadi Ketua DPR
Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid menilai sosok Bambang Soesatyo (Bamsoet) memimpin Ketua Komisi III sangat bagus untuk dicalonkan sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

"Bagus," kata Jazilul saat dihubungi di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Anggota Fraksi PKB DPR ini mengatakan untuk kursi Ketua DPR merupakan hak dari Golkar sesuai dengan Undang-undang MD3, sehingga tidak bisa mencampuri urusan internal mereka.

Di samping itu, Jazilul menambahkan siapa pun yang disebut-sebut sebagai calon Ketua DPR dari kader Golkar seperti Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita, Azis Syamsuddin dan lainnya tentu layak untuk mengisi kursi tersebut.

"Semua layak, Golkar banyak stok kader kok," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR, Irma Suryani Chaniago berharap Ketua DPR yang dipilih oleh Golkar nanti bisa betul-betul menjaga soliditas di dalam kepemimpinan kolektif kolegial di pimpinan DPR itu sendiri.

"Karena mau tidak mau, suka tidak suka posisi DPR sekarang ini terdegradasi dimata publik bahwa DPR kinerjanya buruk, banyak ngomong dan sebagainya. Jadi, jangan Ketua DPR itu malah menggunakan posisinya untuk kepentingan parpol sendiri, kan mereka semua mewakili institusi parlemen," kata Irma.

Namun, Irma mengaku tidak tahu siapa yang akan dipilih Golkar untuk menjadi Ketua DPR menggantikan Novanto. Apakah Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang, Zainuddin Amali atau Azis Syamsuddin.

"Saya tidak tahu yang akan dicalonkan siapa, bagi NasDem siapa pun yang diputuskan Golkar tentu dia yang terbaik. Kami menghormati apa yang diputuskan oleh Golkar," katanya.

Untuk diketahui, beberapa nama anggota DPR Fraksi Partai Golkar muncul untuk dicalonkan sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto yang ditahan KPK karena kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Antara lain Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang, Azis Syamsuddin, Zainuddin Amali, Ridwan Hisyam dan lainnya. Namun, kabarnya yang menguat dua nama yaitu Bambang Soesatyo yang sekarang menjadi Ketua Komisi III DPR dan Agung Gumiwang selaku Sekretaris Fraksi Golkar.

Hingga kini, belum ada keputusan dari partai berlambang pohon beringin siapa nama yang dikirim untuk menggantikan Novanto sebagai Ketua DPR RI. Sebab, saat ini juga anggota DPR masih memasuki masa reses hingga Januari 2018. [rok]

Komentar

Embed Widget
x