Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 00:48 WIB
 

Tiga Kecamatan Bantul Titik Rawan Curanmor

Oleh : - | Sabtu, 30 Desember 2017 | 17:46 WIB
Tiga Kecamatan Bantul Titik Rawan Curanmor
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Bantul - Setidaknya ada tiga kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dipetakan menjadi kejahatan berupa pencurian kendaraan bermotor. Pemetaan dilakukan kepolisian setempat.

"Saat ini yang paling banyak itu terjadi di wilayah Kecamatan Banguntapan, Kasihan dan Kecamatan Sewon," kata Kepala Polres (Kapolres) Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi di Bantul, Sabtu (30/12/2017).

Menurut dia, pemetaan tiga kecamatan rawan kasus curanmor itu karena berdasarkan data kasus curanmor di Bantul 2017 menduduki peringkat atas, meski begitu curanmor juga terjadi di kecamatan lain wilayah Bantul.

Kapolres mengatakan beberapa kecamatan itu tinggi kasus curanmornya karena banyak tempat perbelanjaan, kawasan pendidikan atau terdapat perguruan tinggi juga kawasan padat permukiman penduduk dan sebagainya.

Karena kondisi tersebut, lanjut Kapolres, banyak pertumbuhan indekos, pusat industri, dan tingginya kasus curanmor karena kelalaian pemilik kendaraan yang tidak memarkirkan kendaraan di tempat aman atau kurang pengamanan.

"Disamping itu juga keahlian para pelaku curanmor, jadi selain faktor kelalaian daripada pengendara itu sendiri ada juga memang dari penjahat ini mempunyai kualitas dan keahlian," kata Kapolres.

Berdasarkan data kasus kejahatan curanmor di wilayah hukum Polres Bantul selama 2017 hingga 28 Desember sebanyak 165 kasus, mengalami kenaikan 11 kasus atau tujuh persen dari tahun 2016 sebanyak 154 kasus curanmor. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x