Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 18:29 WIB
 

Ini Penyebab Munculnya Politik Identitas

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 30 Desember 2017 | 04:05 WIB
Ini Penyebab Munculnya Politik Identitas
Politikus Partai Golkar Indra Bambang Utoyo

INILAHCOM, Jakarta - Politikus Partai Golkar Indra Bambang Utoyo mengatakan politik identitas sangat mungkin warnai pesta demokrasi di 2018-2019. Menurutnya, alasan kesenjangan sosial yang belakangan dianggap jadi pemicu bisa saja benar.

"Beberapa politikus mengatakan politik identitas ini akibat dari kesenjangan sosial. Mungkin ada betulnya," katanya kepada INILAHCOM, Jumat (29/12/2017).

Meski demikian Indra menyatakan politik identitas itu sebanarnya muncul karena mulai tergerusnya jati diri bangsa. Generasi yang ada sekarang sudah mulai melupakan cita-cita pendiri bangsa yang menginginkan demokrasi di Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

"Menurut pendapat saya semua ini akibat kita meninggalkan jati diri bangsa membangun demokrasi yang dicita-citakan oleh para founding fathers. Dimana harapan beliau-beliau itu kita mengembangkan demokrasi ala kita sendiri berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Intinya mengedepankan musyawarah untuk mufakat dan gotong royong. Politik identitas ini bagi saya berseberangan dengan hal itu," ulasnya.

Diketahi tahun 2018-2019 akan menjadi tahun poltik di Indonesia. Pasalnya dua tahun kedepan ini, Indonesia akan diramaikan dengan pesta demokrasi. Pilkada serentak di 2018 dan Pilpres di tahun 2019. Pertarungan yang akan tersaji pun dinilai akan menarik. Sejumlah isu diprediksi akan digunakan sebagai senjata. Isu yang diprediksi akan digemakan antara lain isu Sara, politik identitas dan isu politik uang. [hpy]

Komentar

x