Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 15 Oktober 2018 | 23:17 WIB

Arus Lalin Jelang Tahun Baru Masih Normal

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 29 Desember 2017 | 22:08 WIB

Berita Terkait

Arus Lalin Jelang Tahun Baru Masih Normal
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa - (Foto: Inilahcom/M. Yusuf Agam)

INILAHCOM, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan arus mudik tahun baru di Gerbang Tol Cikarang Utama yang keluar menuju Jawa masih terbilang normal. Volume kendaraan tak mengalami lonjakan yang signifikan.

"Boleh dikatakan malam hari ini mudik kedua setelah (mudik Natal) 22 Desember lalu. Sampai malam ini sampe jam 8 (malam) tadi yang keluar (GT Cikarang Utama) baru 58 ribu kendaraan atau sekitar 1,9 persen dibanding dengan waktu waktu normal," kata Royke di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/12/2017).

Royke memprediksi arus kendaraan yang keluar Jakarta akan melonjak pada esok hari melalui GT Cikarang Utama, namun lonjakan tersebut juga tak akan meningkat terlalu jauh. Hanya saja, ada sedikit antrean di KM 11 arah Jakarta karena ada bottleneck atau penyempitan jalur.

"Diperkirakan secara akumulasi besok akan mencapai 68 ribu (kendaraan) meningkat 10 persen dari waktu normal, saya pikir cukup normal, tidak ada lonjakan terjadi, (hanya) ada sedikit antrian (karena) bottleneck KM 11 tadi katakanlah penyempitan selepas itu (lancar) dan disinipun tidak ada antrean begitu berarti hanya sepuluh kendaraan dibelakang, demikian halnya yang masuk ke Jakarta," ujar Royke.

Meski arus kendaraan masih normal, Royke tetap menekankan jajarannya untuk tetap melihat situasi. Dia sudah menyiapkan strategi lalu lintas jika memang terjadi lonjakan kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

"Kalau masih normal cukup penjagaan saja karena belum ada antrean yang berarti. (Jika terjadi kemacetan) sesuai SOP (akan dilakukan) Contra Flow kemudian, kalau di beberapa ruas jalan (lain) katakanlah Pantura atau Brexit, Tegal, Pekalongan ada pengalihan arus," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x