Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 17:00 WIB

KPU Diminta Rekrut Anggota Berkualitas

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 27 Desember 2017 | 16:11 WIB
KPU Diminta Rekrut Anggota Berkualitas
Peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil memberikan catatan penting untuk penyelenggara Pemilu baik Pemilukada 2018 maupun Pemilu 2019 agar demokrasi tetap hidup dan memberikan kehidupan.

Pada 2018, kata Fadli, KPU akan mulai menyeleksi jajaran KPU di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Menurut dia, KPU Provinsi/KIP Aceh yang akan melaksanakan proses penggantian anggota KPU Provinsi/KIP Aceh sebanyak 25 daerah.

Sedangkan, KPU/KIP Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan proses penggantian anggota KPU/KIP Kabupaten/Kota pada periode waktu bulan Mei sampai dengan Desember tahun 2018 sebanyak 326 daerah.

"KPU harus benar-benar serius menyiapkan ini, jangan sampai KPU terjebak pada politik primordial berbasis afeksi yang akhirnya membuat gagal merekrut figur-figur terbaik untuk menjadi penyelenggara pemilu ke depan," kata Fadli, Rabu (27/12/2017).

Menurut dia, tantangan Pemilu 2019 begitu berat sehingga tidak boleh diserahkan pada penyelenggara pemilu yang tidak kompeten apalagi partisan. Maka, KPU jika serius ingin memberikan yang terbaik bagi pemilu Indonesia harus hasilkan penyelenggara yang terbaik pula.

"Itu dimulai dari rekrutmen anggota Tim Seleksi yang sudah semestinya diisi oleh orang-orang yang punya visi misi terkait kelembagaan KPU yang nasional, tetap dan mandiri," ujarnya.

Selain itu, kata Fadli, KPU mutlak berpihak pada afirmasi keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen dalam pengisian keanggotaan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

"KPU bisa berkolaborasi dengan kelompok non partisan dalam mendorong lebih banyak perempuan berintegritas ikut seleksi dan hadir menjadi penyelenggara pemilu," tandasnya. [ton]

Tags

Komentar

x