Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 00:40 WIB

Buku Pelajaran Ada Kata Banci Bisa Jadi Imam

Rabu, 27 Desember 2017 | 10:59 WIB

Berita Terkait

Buku Pelajaran Ada Kata Banci Bisa Jadi Imam
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Ponorogo - Jagat pendidikan di Ponorogo beberapa hari terakhir sempat geger. Apa sebab? muncul postingan ada buku pedoman siswa mata pelajaran Islam bertuliskan orang yang boleh dijadikan imam adalah salah satunya banci. Dengan syarat, seluruh makmumnya perempuan.

Hal itu geger di postingan grup facebook Info Cegatan Warga Ponorogo (ICWP). Dan mendapat ribuan like dan ribuan komentar.

Rupanya, tentang kata banci untuk menjadi imam itu dibenarkan oleh dewan pendidikan di Ponorogo, Muh Muhsin. "Kalau kata banci bisa menjadi imam itu memang diperbolehkan," kata Muh Muhsin yang juga dosen IAIN ini, Rabu (27/12/2017).

Dia beralasan, banci itu memang ada. Yakni, yang berkelamin ganda. Sedangkan yang sedang geger atau hits tentang waria.

"Yang perlu digarisbawahi, tentang banci dan waria itu berbeda. Banci itu berjenis kelamin ganda. Sedangkan waria itu kejiwaannya yang ganda itu yang tidak boleh," tambahnya.

Namun, tentang kata banci yang tertulis di buku pedoman. Apalagi di buku pedoman agama islam siswa sangat disayangkan. Karena, menurutnya, banyak siswa belum bisa membedakan antara banci dengan waria. Jika di buku pedoman guru mungkin berbeda.

Sementar, untuk penarikan buku tersebut tidak perlu. "Yang perlu jika memang beredar di Ponorogo, guru harus menginformasikan bahwa banci itu definisinya berkelamin ganda," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x