Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 00:32 WIB

Jelang Pilkada, Oknum LSM Sering Minta Data ke KPU

Oleh : - | Minggu, 24 Desember 2017 | 01:09 WIB
Jelang Pilkada, Oknum LSM Sering Minta Data ke KPU
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Pamekasan - KPU Provinsi Jawa Timur menyatakan ada beberapa okum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kerap meminta data terhadap KPU di sejumlah daerah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Dewita Hayu Shinta saat melakukan evaluasi tahapan pelaksanaan pemilu yang digelar KPU Pamekasan di Jl Brawijaya 34, Sabtu (23/12/2017).

Evaluasi itu meliputi proses tahapan hingga hasil tahapan yang sudah dilakukan KPU Pamekasan. Seperti perkembangan calon perseorangan, verifikasi partai politik (parpol) hingga masalah keuangan.

"Dari supervisi kali ini, terdapat hal menarik dan menjadi atensi kami. Lagi-lagi ditemukan permintaan data dari salah satu LSM yang juga terjadi di beberapa kabupatan/kota lain, menariknya dengan personal yang sama," kata Dewita.

Namun, Dewita mengaku pihaknya sudah menyampaikan bahwa dokumen masih dalam proses seperti Rencana Anggaran Belanja (RAB) masih berpotensi di revisi atau bisa saja memunculkan addendum tersendiri.

"Sehingga dokumen tersebut tidak diperkenankan untuk diberikan kepada pihak eksternal," ujarnya.

Menurut dia, untuk masalah keuangan sebelum dilakukan audit BPK atau BPKP berikut tindak lanjutnya. Maka, tidak diperkenankan diberikan kepada pihak eksternal dan setiap data keuangan yang bersumber dari APBN harus meminta izin KPU RI.

"Hal itu tentunya juga berlaku terhadap dana hibah yang notabene bersumber dari APBN, sehingga harus mendapatkan izin dari KPU Pusat. Dana hibah pilkada itu sudah di APBN-kan, sehingga harus minta izin ke KPU RI," jelas dia.[beritajatim.com]

Komentar

x