Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 05:43 WIB
 

KPU Pamekasan Lakukan Verifikasi Faktual

Oleh : - | Sabtu, 23 Desember 2017 | 02:04 WIB
KPU Pamekasan Lakukan Verifikasi Faktual
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Pamekasan - KPU Pamekasan mulai melakukan verifikasi faktual terhadap keberadaan partai politik (parpol) yang tersebar di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Salah satunya verifikasi faktual KPU Pamekasan yang dilakukan di Sekretariat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pamekasan yang terletak di Jl Pangeran Trunojoyo, Jum'at (22/12/2017).

Verifikasi tersebut bersifat kelembagaan, yakni meninjau langsung keberadaan sekretariat parpol calon peserta pemilu. Mulai dari domisili, keberadaan dan kelengkapan pengurus parpol hingga keanggotaan parpol.

"Pada kesempatan itu, kami melihat secara langsung sekaligus mencocokkan keanggotaan partai dengan data KTP Elektronik para pengurus. Termasuk juga keterwakilan perempuan dalam komposisi pengurus, yakni 30 persen," kata Komisioner KPU Pamekasan Moh Subhan.

Dalam proses verifikasi tersebut, hadir seluruh pengurus DPD PSI Pamekasan, termasuk Ketua PSI Ahmad Fuad. "Alhamdulillah, proses verifikasi berjalan lancar. Ini merupakan verifikasi pertama yang kami lakukan terhadap parpol baru," sambung pria yang juga menjabat sebagai Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan.

"PSI merupakan partai baru dan sudah ditetapkan KPU Pusat sebagai parpol yang lolos verifikasi administrasi saat pendaftaran. Oleh karena itu, kegiatan lanjutan yang perlu kita lakukan berupa melakukan verifikasi faktual dengan meninjau secara langsung ke lapangan," jelasnya.

Memang proses verifikasi faktual tersebut hanya diperuntukkan terhadap parpol baru yang terdaftar di KPU Pusat, termasuk juga yang terdaftar di KPU Pamekasan. Sebab selain PSI juga terdapat parpol baru lain, meliputi Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Idaman, Partai Perindo dan Partai Rakyat.

"Sabtu (23/12/2017) besok kita akan kembali melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Perindo, sementara untuk parpol lama tidak perlu verifikasi dan hanya khusus parpol baru," pungkasnya.[beritajatim]

Komentar

 
Embed Widget

x