Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 02:18 WIB
 

Hakim Vonis Andi 8 Tahun Penjara

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 21 Desember 2017 | 16:08 WIB
Hakim Vonis Andi 8 Tahun Penjara
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor akhirnya menjatuhkan vonis berupa pidana penjara selama delapan tahun dan denda sebesar Rp1 miliar kepada Andi Narogong.

Andi divonis terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek pengadaan e-KTP.

"Menjatuhkan vonis selama delapan tahun dan denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan penjara," kata Ketua Majelis Hakim Jhon Halasan Butar-butar saat membacakan amar putusan dimuka sidang, Kamis (21/12/2017).

Selain itu, Andi juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar 2.500.000 Dolar Amerika Serikat dan Rp1.186.000.000.

"Diperhitungkan dengan pengembalian sejumlah 350.000 Dolar AS," sebut Hakim Jhon.

Dalam menjatuhkan vonis, majelis menimbang Andi kooperatif serta mengakui dan menyesali perbuatannya. Terdakwa telah mengembalikan sebagian uang yang didapat dari hasil tindak pidana korupsi. Serta permohonan Justice Collabolator-nya (JC) memenuhi syarat.

Sedang yang memberatkan, Andi dianggap tidak mendukung program pemerintah terkait pemberantasan korupsi. Perbuatan terdakwa terstruktur, masif dan merugikan kerugian negara.

Vonis ini sama persis dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pada persidangan pekan lalu, dia dituntut pidana penjara delapan tahun dan denda Rp1 miliar subsidair enam bulan.

Atas putusan ini, terdakwa Andi Narogong dengan tegas menerima putusan majelis hakim."Menerima yang mulia," jawab Andi.

Sementara itu, JPU mengatakan akan pikir-pikir atas putusan majelis hakim untuk mengajukan banding.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x