Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 11:04 WIB

Panglima TNI Kerjai Kapolri di Pesawat Sukhoi

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 20 Desember 2017 | 15:23 WIB

Berita Terkait

Panglima TNI Kerjai Kapolri di Pesawat Sukhoi
Panglima TNI Marsekal Hadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi bercerita saat terbang menggunakan pesawat Sukhoi SU-30 MK 2 milik TNI AU bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, KSAD Jenderal Mulyono, dan KSAL Laksamana Ade Supandi.

Selama kurang lebih 30 menit berada di ketinggian, Hadi mengaku senang bisa mengerjai' Kapolri, KSAD, dan KSAL saat pesawat yang mereka tumpangi hendak mendarat.

"Saya yakin Kapolri, KSAD, dan KSAL merasakan sensasi terbang dengan Sukhoi. Saya yakin beliau bertiga tidak expect kalau ngerem-nya pesawat menggunakan drag chute," kata Hadi di Gedung Suma, Pangkalan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/12/2017).

Sensasi yang dimaksud adalah proses pendaratan pesawat dengan menggunakan drag chute. Drag chute merupakan salah satu komponen yang ada di pesawat-pesawat tempur, berbentuk payung, dan terletak di ekor pesawat. Fungsinya untuk menurunkan laju pesawat sesudah mendarat.

"Sehingga semuanya saya yakin, bertiga kaget semua. Tapi itulah yang memang saya sampaikan ke pilot agar tidak usah dikasih tahu nanti kalau nge-break menggunakan drag chute. Biar bisa merasakan sensasinya," ucap Hadi disambut tawa Kapolri, KSAD, KSAL

Hadi menerangkan tujuan dirinya mengajak Kapolri membuktikan soliditas antara TNI-Polri kompak dan tak perlu diragukan. Dengan saling bertemu, dia menilai akan semakin mengokokohkan kedua institusi untuk bersama menjaga keamanan tanah air.

"Tujuan besarnya (kegiatan) adalah kita menunjukkan bahwa soliditas TNI-Polri yang kita bina selama ini, kita pertahankan dan akan semakin kuat," terang Hadi.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, KSAD Jenderal Mulyono, dan KSAL Laksamana Ade Supandi disematkan Brevet Wings sebagai tanda kehormatan dari TNI AU. Penyematan ini diberikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. [ton]

Komentar

x