Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 15:17 WIB

Besok, KPU Verifikasi Faktual Parpol Tingkat Pusat

Oleh : - | Selasa, 19 Desember 2017 | 20:33 WIB
Besok, KPU Verifikasi Faktual Parpol Tingkat Pusat
Ketua KPU Arief Budiman (kanan), saat menerima Ketua umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Haris Sudarno, di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakart. - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan verifikasi faktual untuk partai politik di tingkat pusat mulai Rabu (20/12) besok.

Jadwal hari pertama proses verifikasi faktual dilakukan untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

"Jadwal verifikasi besok tanggal 20 (Desember). Untuk Perindo kalau tidak salah (jadwalnya) pukul 13.00 WIB, kemudian PSI jam 14.30 WIB," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Untuk 10 partai politik lainnya, verifikasi faktual dijadwalkan pada hari berikutnya dengan agenda dua parpol dalam satu hari.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan tahapan verifikasi faktual dimaksudkan untuk memeriksa keberadaan kantor, anggota dan kepengurusan partai politik.

"Yang diverifikasi itu dokumen kantor, mana orangnya, pengurusnya, perempuan pengurusnya mana, dan lain-lain. Juga dilihat KTP-nya," kata Pramono.

Sementara itu, verifikasi faktual partai politik di tingkat provinsi dan kabupaten-kota dilakukan oleh anggota KPU setempat.

KPU, pada Kamis malam (14/12), meloloskan berkas administrasi 12 partai politik untuk lanjut ke tahap verifikasi faktual.

Selain Perindo dan PSI, ada pula Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Verifikasi faktual itu dilakukan untuk parpol baru di seluruh daerah, sementara untuk partai lama yang lolos akan dilakukan verifikasi faktual di daerah otonom baru atau provinsi baru," tambah Arief Budiman.

Untuk 10 partai lama, verifikasi faktual akan dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara dan 17 kabupaten -kota baru di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, KPU masih melakukan penelitian administrasi terhadap sembilan partai politik yang gugatannya dimenangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pengumuman hasil penelitian administrasi terhadap sembilan partai tersebut dijadwalkan akan berlangsung pekan depan.[tar]

Komentar

 
Embed Widget

x