Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 21:26 WIB
 

Wiranto Tunggu Keputusan Jokowi untuk Kepala BSSN

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 19 Desember 2017 | 18:36 WIB
Wiranto Tunggu Keputusan Jokowi untuk Kepala BSSN
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengungkapkan hingga saat ini pemerintah masih mematangkan operasional Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) setelah ditandatanganinya Perpes Nomor 53 Tahun 2017 mengenai lembaga tersebut oleh Presiden Jokowi.

"BSSN lagi dalam pembentukan. Kami memerlukan kesiapan infrastukrturnya, perkantoranya, prosedurnya dan kesiapan personilnya. Itu semua sudah disiapkan," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2017).

Sementara itu, mengenai kabar akan adanya revisi Perpres BSSN, Wiranto enggan mengungkapkannya. Ia hanya mengatakan bahwa saat ini tinggal menunggu keputusan Jokowi menyangkut struktural lembaga itu.

"Sekarang tinggal keputusan Presiden tentang siapa yang memimpin. Jadi, dalam waktu dekat ini Insya Allah sudah diumumkan. Tapi sebelum BSSN itu berfungsi, bukan berarti kegiatan siber indonesia itu lumpuh. Bukan berarti kegiatan siber Indonesia tidak ada yang menangani. Itu sudah ada," jelasnya.

Ia menuturkan, selama ini masalah siber di Indonesia sudah tertangani dengan baik oleh pihak-pihak terkait, mulai dari kementerian pertahanan yang sudah memiliki bagian siber pertahanan.

Lebih lanjut, masalah siber juga sudah ditangani dengan baik oleh TNI, Polri dan BIN melalui divisi cyber war, cyber security serta cyber intelligent.

"Lalu di lembaga-lembaga yang bergerak di bidang bisnis dan perbankan juga sudah punya aktivitas siber. Tapi yang sekarang kami butuhkan adalah umbrella, siber nasional yang memproteksi dan mengkoordinasi kegiatan siber itu," tambahnya. [ton]

Komentar

x