Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:35 WIB

Penguatan UKP-PIP Agenda Jokowi yang Tertunda

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 18 Desember 2017 | 19:33 WIB

Berita Terkait

Penguatan UKP-PIP Agenda Jokowi yang Tertunda
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latief mengatakan penguatan lembaganya menjadi setingkat kementerian merupakan hal yang sudah lama direncanakan Presiden Jokowi.

Yudi mengatakan dikarenakan kesibukan Jokowi, rencana penguatan UKP-PIP ini baru kembali dibahas oleh Kepala Negara hari ini, Senin (18/12/2017).

"Ini sebenarnya agenda yang lama tertunda karena berbagai kesibukan. Untuk memutuskan itu juga perlu koordinasi dan sinkronisasi antar kementerian hari ini," kata Yudi di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2017).

Ia menambahkan, seluruh pihak terkait UKP-PIP sudah bertemu Jokowi untuk membahas hal ini agar penguatan UKP-PIP dapat dilakukan.

"Intinya adalah karena UKP-PIP itu juga punya fungsi untuk mengkoordinasikan berbagai program di banyak kementerian. Maka, hubungan kelembagaannya mestinya kan, memang harus setingkat menteri supaya bisa mengkoordinasikan berbagai program di tingkat kementerian," jelasnya.

Lebih lanjut, Yudi menegaskan bahwa kesetaraan UKP-PIP setingkat menteri sudah diputuskan secara kelembagaan oleh Jokowi dan dibahas dengan jajaran menteri yang memiliki keterkaitan.

"Tadi sudah diputuskan aspek kelembagaannya, beliau juga menginstruksikan kepada menterinya untuk segera aspek formalnya diselesaikan. Tadi ada Menpan RB, Mensesneg, Menkumham, Seskab, Menristekdikti sama Mendagri juga. Semua setuju ya, ini soal ideologi dan keselamatan bersama," paparnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x