Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 08:40 WIB
 

Dinilai Lebih Bersih, Bamsoet Calon Kuat Ketua DPR

Oleh : Happy Karundeng | Senin, 18 Desember 2017 | 08:01 WIB
Dinilai Lebih Bersih, Bamsoet Calon Kuat Ketua DPR
Ketua DPR adalah Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: inilahcom/Didik)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai figur yang paling kuat mengagntikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR adalah Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Saya melihat calon kuat ketua DPR adalah Bamsoet karena relatif lebih bersih," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (17/12/2017).

Menurutnya, Ketua DPR kedepannya harus memprioritaskan kepentingan citra institusi DPR ketimbang kepentingan pribadi, kelompok dan golongannya

"Jangan sampai terulang lagi. Tidak mungkin DPR seperti keledai, tertarung pada lubang yang sama, jangan sampai terpilih ketua DPR yang bermasalah secara hukum, tak tersandera. Jadi harus dipastikan tidak punya beban moral dan benar benar selesai dengan dirinya. Kita ingin menyelamatkan citra DPR, syaratnya adalah pimpinan DPR terpulih harus berintegritas tingkat tinggi," uajrnya.

Menurutnya yang paling penting adalah jangan sampai ketua DPR pribadi tersandera lagi. Jangan sampai mengulangi peristiwa hukum yang sama. DPR diminta belajar dan tidak jadi serupa keledai

"Cara menyelamatkan citra institusi DPR hanya ada satu jalan yaitu bagaimana ketua DPR terpilih benar benar berintegritas dan bersih. Itu yang terpenting. Kan ngak lucu ada 4 ketua DPR selama satu periode kepengurusan. Jadi ketua DPR kedepannya harus bersih," imbaunya.

Di sisi lain, Azis Syamsuddin yang juga disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Novanto dianggap belum tentu menginginkan jabatan ini karena sisa masa jabatan yang hanya singkat.

"Saya lihat Aziz juga belum tentu mau. Karena bisa jadi beliau investasi dulu, sisa jabatan ketua DPR sangat singkat dan sudah diujung. Belum tentu juga Aziz mau. Relatif lebih aman yaitu Bamsoet," tandasnya.

Diketahui, pengganti Setya Novanto untuk menduduki kursi Ketua DPR RI sempat menjadi polemik di internal partai Golkar. Ini bermula setelah Novanto mengirimkan surat pengunduran diri dari Ketua DPR dan menunjuk Aziz Syamsuddin.

Hal tersebut buat Beringin sedikit bergejolak. Kader internal menolak langkah Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin. Aziz pun batal dilantik menjadi ketua DPR menggantikan Novanto.

Saat ini, sejumlah nama yang akan disebut mampu menggantikan Novanto di Parlemen terus bermunculan. Nama Azis Syamsuddin, Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita hingga Fadel Muhammad disebut-sebut sebagai calon terkuat. [hpy]

Komentar

 
Embed Widget

x