Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 05:48 WIB
 

Gugurkan Praperadilan, KPK Puji Hakim Kusno

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 14 Desember 2017 | 22:27 WIB
Gugurkan Praperadilan, KPK Puji Hakim Kusno
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi keputusan Hakim Tunggal Praperadilan Kusno yang mengugurkan gugatan praperadilan terdakwa Setya Novanto.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, apresiasi diberikan kepada Hakim Kusno karena konsisten menegakkan aturan.

"Hakim tunggal Pak Kusno patut di apresiasi, konsisten menegakkan aturan perundang-undangan," kata Agus saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengaku sudah memprediksi gugatan mantan Ketua DPR RI tersebut akan gugur.

"Walau kita sudah perkirakan dan analisisnya tidak jauh dari yang sudah kita perkirakan namun demikian KPK tentu mengapresiasi putusan yang kami nilai sebagai sebuah putusan yang didasarkan pada nilai nilai kejujuran dan kebenaran," kata Saut dihubungi terpisah.

Dengan gugurnya gugatan praperadilan, kini KPK melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan fokus membuktikan keterlibatan Novanto pada perkara korupsi yang merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

"Meyakinkan kita guna mempercepat proses pokok perkaranya, sehingga proses peradilan yang efektif dan efisien bisa kita jalan kan," tegasnya

Hakim tunggal Kusno sebelumnya menggugurkan gugatan praperadilan Setya Novanto. Dalam amar putusannya, Kusno menilai penetapan tersangka Novanto untuk kedua kalinya sah secara hukum.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x