Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 15:17 WIB

KPK Beberkan Aplikasi JAGA untuk Awasi Layanan

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 11 Desember 2017 | 14:17 WIB
KPK Beberkan Aplikasi JAGA untuk Awasi Layanan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengungkapkan, aplikasi JAGA yang diluncurkan tahun lalu sudah menunjukan perkembangan berarti.

Aplikasi melalui smartphone ini bertujuan agar masyarakat dapat mengawasi secara langsung berbagai layanan publik.

"Aplikasi ini baru mencakup empat pelayanan publik, yakni JAGA Sekolahku, JAGA Puskemasku/Rumah Sakitku, JAGA Perizinanku, dan JAGA Dana Desa," kata Agus dalam peringatan hari antikorupsi se-dunia di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (11/12/2017).

Meski demikian, aplikasi ini sudah mencakup 404 ribu profil sekolah dan terdapat 12 provinsi yang mencantumkan anggaran sekolahnya.

"Kemudian kalau JAGA Rumah Sakitku ada 120 Rumah sakit yang rawat inapnya sudah bisa dikontrol real time, dan ada 10.051 profil puskesmas sudah ada," ungkapnya.

Sementara itu, terkait perizinan, Agus mengungkapkan aplikasi ini sudah menampilkan 536 profil Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Agus berharap aplikasi ini terus berkembang agar masyarakat dapat mengawasi langsung kerja pemerintah. Agus juga berharap, aplikasi ini nantinya bisa merambah sektor keuangan.

"Mudah-mudahan kalau anggaran kita segera bisa masuk di dalam JAGA ini, rakyat kita, akan bisa melihat bagaimana cara pemerintah membicarakan anggaran dengan DPR. Kemudian alokasi di setiap daerah, Kementerian dan lembaga, itu akan jauh lebih baik," tandasnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x