Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Januari 2018 | 23:50 WIB
 

Pakar Nilai Praperadilan Novanto Akan Gugur

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 11 Desember 2017 | 08:00 WIB
Pakar Nilai Praperadilan Novanto Akan Gugur
Pakar hukum tata negara Refly harun - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai, sidang praperadilan yang diajukan oleh Ketua DPR Setya Novanto di Pengadilan Jakarta Selatan akan gugur jika dakwaan kasus Novanto sudah dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Saya berharap dengan dibacakannya dakwaan, berarti proses sudah dimulai, pengadilan praperadilan berhenti," kata Refly kepada INILAHCOM, Minggu (10/12/2017).

Refly menambahkan, sebaiknya Novanto dan KPK beradu argumen di Pengadilan Tipikor, bukan di praperadilan.

"Ya nasibnya di praperadilan saja, kalau lihat track record KPK, ndak ada tersangka KPK yang lolos sampai sejauh ini, yang lolos dua saja, itu dari praperadilan semua," ujarnya.

Seperti diketahui, Pengadilan Tipikor telah menjadwalkan sidang dakwaan terhadap Novanto pada Rabu (13/12) besok. Sedangkan pengadilan Jakarta Selatan juga telah menjadwalkan putusan praperadilan Novanto akan diputuskan pada Kamis (14/12). Menurut Undang-undang nomor 8 KUHAP pasal 82 ayat 1, menerangkan yang pada initnya, jika dakwaan suatu perkara sudah dibacakan oleh jaksa di pengadilan, maka sidang praperadilan gugur dengan sendirinya. [fad]

Komentar

 
Embed Widget

x