Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Januari 2018 | 01:41 WIB
 

Pakar: Novanto & KPK Bertarung Saja di Tipikor

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 11 Desember 2017 | 06:00 WIB
Pakar: Novanto & KPK Bertarung Saja di Tipikor
Pakar hukum tata negara Refly harun - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pakar hukum tata negara Refly harun mengatakan sidang praperadilan bukan tempat yang tepat bagi Novanto untuk membuktikan dirinya tidak bersalah dalam kasus e-KTP yang disidik KPK.

"Misalnya praperadilan hak semua orang, ya memang itu hak semua orang, tapi kalau genuine prosesnya. Kalau proses nya tidak genuine, kita harus cari forum lain yang prosesnya genuine, bukan berarti (Novanto) pasti bersalah," kata Refly kepada INILAHCOM, Minggu (10/12/2017).

Dia menambahkan, pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) merupakan tempat yang tepat bagi KPK dan Novanto untuk saling beradu argumen.

"Tapi kalau ini sudah dilimpahkan ke pengadilan Tipikor dan langsung dibacakan dakwaannya, maka ada kesempatan yang sama kedua belah pihak untuk buktikan, baik pihak jaksa KPK, baik pihak Setnov, dan itu prosdesnya relatifly tidak terburu-buru," ujarnya.

Seperti diketahui, Pengadilan Tipikor telah menjadwalkan sidang dakwaan terhadap Novanto pada Rabu (13/12) besok. Sedangkan pengadilan Jakarta Selatan juga telah menjadwalkan putusan praperadilan Novanto akan diputuskan pada Kamis (14/12). Menurut Undang-undang nomor 8 KUHAP pasal 82 ayat 1, menerangkan yang pada initnya, jika dakwaan suatu perkara sudah dibacakan oleh jaksa di pengadilan, maka sidang praperadilan gugur dengan sendirinya. [fad]

Komentar

 
Embed Widget

x