Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:46 WIB

Pesan Ibunda Gatot: Masuk TNI Tapi Harus RPKAD

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 7 Desember 2017 | 15:54 WIB
Pesan Ibunda Gatot: Masuk TNI Tapi Harus RPKAD
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berpamitan kepada prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dalam pemaparannya, Gatot menceritakan kisah saat ia baru akan mendaftar jadi anggota TNI.

Ia mengaku dari kecil memang sudah didesain oleh doa sang ibu agar menjadi tentara. Gatot mengaku ibunya sangat ingin dia masuk dalam Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) atau sekarang dikenal sebagai Kopassus.

"Pesan ibu kandung saya, kamu boleh jadi AKABRI, tapi harus jadi RPKAD," kisah Gatot di Markas Kopasus Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017).

Ia juga mengisahkan, di masa lalu ia tidak memiliki berat ideal untuk jadi tentara lantaran gemar begadang. Sebab itu, setiap harinya dia harus banyak menghabiskan pisang susu agar bobot tubuhnya naik dan layak masuk Akademi Militer (Akmil).

"Setelah itu saya masuk, bisa dibilang paling terakhir orientasi di bidang fisik. Selama empat tahun saya berusaha bisa masuk 10 besar. Karena persyaratan masuk prajurit komando harus 10 besar. Pas tes katanya saya sudah lulus. Tapi tidak (lulus)," ungkapnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit Komando Pasukan Khusus (Komando). Momen itu juga digunakan Gatot untuk berpamitan kepada prajurit Kopasus.

Gatot mengatakan, sesuai konstitusi, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat ke DPR RI pada 4 Desember 2017 lalu dengan maksud meminta persetujuan pengantian Panglima TNI. Surat itu juga berisi pengajuan nama tunggal Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru.

Diketahui, Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memasuki masa purna tugas pada Maret 2018. Presiden pun telah mengajukan surat ke DPR untuk pergantian Panglima TNI. Jokowi juga sudah mengajukan nama Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai pengganti Gatot.[jat]

Komentar

 
x