Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Januari 2018 | 00:45 WIB

RI Pertimbangkan Kirim Nota Diplomatik ke AS

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 7 Desember 2017 | 13:15 WIB
RI Pertimbangkan Kirim Nota Diplomatik ke AS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum dapat memastikan kecaman Indonesia terhadap Amerika Serikat yang mengklaim sepihak Yerusalem sebagai ibukota Israel akan mempengaruhi hubungan diplomatik kedua negara.

Adapun sikap pemerintah Indonesia terhadap hubungan diplomatik AS batu akan diputuskan Jokowi usai Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menggelar sidang menyikapi hal ini.

"Belum tahu (soal hubungan AS-Indonesia). Tapi yang jelas nanti kalau OKI sudah memutuskan untuk segera bersidang saya akan datang langsung di sidang OKI tersebut," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Soal kemungkinan Indonesia akan mengirimkan nota diplomatik kepada AS atas pernyataan Presiden Donald J Trump yang mengkalim Yerusalem sebagai ibukota Israel, hal itu akan dipertimbangkan Kemenlu RI.

"Nanti akan ditindaklanjuti oleh Kemenlu. Nanti setelah sidang OKI. Hal yang paling penting sidang OKI," katanya.

Adapun sidang OKI rencananya akan digelar pada tanggal 13 Desember mendatang di Istanbul Turki. Melalui sidang tersebut, Jokowi akan menggalang suara penolakan terhadap klaim AS atas Yerusalem ini.

"Kurang lebih tanggal 13 Desember ini sidangnya karena kita sudah hubungi hampir semua negara Islam. Sidangnya di Istanbul, Turki dan komunikasi terus sehingga muncul tanggal 13 Desember tadi," jelasnya. [rok]

Tags

Komentar

 
x