Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:26 WIB

Putusan Praperadilan Setnov Dibacakan Minggu Depan

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 7 Desember 2017 | 12:18 WIB
Putusan Praperadilan Setnov Dibacakan Minggu Depan
Tersangka eKTP Setya Novanto - (Foto: Inilahcom/Agus Priatna)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hakim tunggal Kusno menyampaikan putusan praperadilan yang diajukan tersangka eKTP Setya Novanto akan dibacakan pada minggu depan pada tanggal 14 Desember 2017.

"Kita dibatasi waktu, hari ini sudah Kamis, besok Jumat, Senin dan Kamis (14/12/2017) sore biasanya diputuskan, yang kan selambat-lambatnya 7 hari, tapi biasanya 6 hari," kata Kusno di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan (7/12/2017).

Hakim Kusno menyebutkan agenda pada persidangan Jumat (18/12/2017) besok adalah jawaban dari KPK. Setelahnya, agenda dilanjutkan dengan pemamparan bukti.

"Apabila besok diajukan jawaban, saya minta pemohon (Novanto), atau termohon (KPK) untuk membawa bukti surat. Jadi untuk bukti surat harus selesai Jumat ," jelasnya.

Kusno menjelaskan terkait berkas pokok perkara Novanto yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, maka praperadilan akan gugur bila sidang pokok perkara sudah dimulai.

"Jadi kita tetap pasal, baru gugur setelah pemeriksaan pokok tersebut dimulai, kalau pemeriksaan pokok dimulai tersebut sejak hakim menyidangkan pokok perkara tersebut mengetuk sidang untuk pembacaan," ungkapnya.

Kusno mengingatkan agar hal tersebut tidak terjadi perdebatan di kemudian hari, tetapi pihaknya tetap fokua untuk memipin sidang dan tetap memperhatikan aturan berlaku tentang berkas perkara Novanto yang telah dilimpahkan.

"Jadi kalau telah ada pelimpahan sidangnya, jadi tidak terjadi perdebatan dibelakang hari, maka gugatan praperadilan gugur setelah perkara pokok mulai diperiksa," paparnya. [rok]

Komentar

 
x